Kamis, 12 Juli 2012

tip Servis Optik PS2

Bagi sobat-sobat yang PS2 nya masih menggunakan cd/dvd (belum upgrade pake HDD), pernah ga ngalami ps2 nya suka milih-milih cd/dvd game. Biasanya game nya jalan kalo kita masukin kaset yang baru, ada juga yang harus nunggu ps2 nya panas dulu baru kaset game nya bisa jalan.

Sebenarnya sih artikel ini hanya sekedar curahan hasil pencarian Jul dari om google....., masalahnya gini Jul kan punya PS2 tapi akir2 ini PS2 Jul sering sekali mengalamin masalah kadang ketika Jul lagi asik maen tau2 hang, ada lagi ketika Jul maen bola wining eleven eh malah pas loadingnya lama banget....., Jul kan jadi sebal .......(maaf sedikit cuhat...hehe), nah untuk mengatasi masalah PS2 sobat yang mengalami hal yang sama ky Jul ini jul kasih panduan lengkap cara menyervis sendiri optik PS2 sobat sekalian......, langsung saja ke T   K   P......

Pertama kita siapin keperluan dan bahannya sbb:
1 : Obeng kuncup (obeng +) kalo ada dari semua ukuran.
2 : Kapas secukupnya.
3 : Lens cleaner.
4 : Cotton bud.
Ok sudah cukup segitu aja dulu.
Langsung kita kerjakan.....siap grak... uss ini bukan upacara bendera!!

Pertama buka penutup baut pada bagian bawah ps2, ambil obeng lepaskan baut-bautnya, terus buka cover atas ps2


Buka cover cd tray dengan melepas baut-baut kecil diatasnya, ada juga yang tidak mengunakan baut, hanya pakai pengunci tergantung type dan seri ps2. Seperti gambara dibawah.


Tancapkan steker /colokan ps2 ke stop kontak, hidupin saklar belakang ps2, eject cd tray nya, kalo cd tray nya udah keluar segera matikan saklar belakang ps2 dan cabut colokan/steker dari stop kontak untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. seperti gambar dibawah.


Selanjutnya buka tutup optik, cari-cari pengunci nya, dorong penguncinya dengan obeng kecil.


Ambil cotton bud basahi ujung-ujung nya dengan lens cleaner(jangan terlalu basah/cukup setengah basah) bersihkan permukaan lensa optik. Gosok dan bersihkan dengan hati-hati sekali.
seperti gambar di bawah.


Jangan lupa berihkan juga lensa optic pada bagian bawah, angkat sedikit lensa optik yang atas dengan cotton bud, seperti gambar di bawah.


Sampai disini teman sudah bisa menutup cover optiknya, dan cover cdrom ps2 bisa kita tutup, kita mau lihat hasil kerja kita... ok setuju.
Selanjutnya tancapkan steker ps2 di stop kontak, hidupin saklar belakang ps2 dan terus pencet reset, maka cd tray akan tertutp. Open/eject cd tray masukin dvd game dan....tunggu.....jreng, game langsung loading siap untuk nge game.

Bila belum ada hasil, padahal teman sudah melakukan semua langkah tutorial diatas, dan terdengar sura aneh sepeti krek...krek di dalam cdrom ps2, berati kita perlu maintenance tambahan. Untuk maintenace tambahan baca tutorial selengkapnya.
◄ Newer Post Older Post ►