Selasa, 05 Juni 2012

CERPEN Polytron Minimax Real Flat 29" MX3069B



Hari minggu yg seharusnya jadi waktu nyantai dirumah menjadi hari yg menyebalkan krn dikerjain
Polytron Minimax Real Flat 29" MX3069B.
Ceritanya pagi2 dibangunin istri katanya ada yg mo ambil tv dan DVD yg kebetulan memang dikerjakan dirumah. Alhamdulillah...lumayan rezeki dipagi hari minggu. Tp belum lagi 2jam yg empunya kembali lg membawa tvnya, "Om...tvnya meledak lagi dan kali ini berasap putih tebal....dan tercium bau sangit tp masih hidup ndak seperti kmrn mati total". Waduh kok apes banget....,padahal sebelumnya ni tv sudah di tes lebih dari 6jam. mendengar cerita konsumen dan bau sangit yg tersisa di tv, sepertinya ada elko yg meledup....


Oh ya saat pertama kali datang ni tv matot, Fet W10NK80Z pecah/short, 2bh Dz 13v, R 33ohm, Hztl 2001HI tewas. Fetnya di modif pake K2698, Hztl sempat coba pake C5296 dan on hampir 1/2 jam msh normal. tp begitu diraba heatzinknya...alamak panasnya ndak ketulungan. Setelah dicek ke alldatashet ternyata 2001HI adalah TR biasa....pantesan. Lihat stok Alhamdulillah masih nyimpen C5299 yg biasa nyetok untuk power supply yg datanya tidak jauh beda dg 2001HI. Setelah diganti dg C5299 heatzinknya Cuma hangat2 suam tdk over seperti pake 5296.
TV pun dites lebih dari 6 jam.....Aman2 saja hingga diambil orangnya pagi tadi.

Setelah TV kembali dibuka, ndak tanggung2 bener saja elko utama psu 330uf/400V sdh sobek atasnya dan cairan elektrolitnya menyebar kemana-mana. fet dan yg lainnya msh ok....hufff..masak sih gara2 bukan pake
part aslinya tu elko bisa meledak..??. bener2 apes dan bikin malu saja....pasti yg punya heboh mendengar suara ledakan dan asap putih tebal menyelimuti tvnya.

Ringkasnya setelah cairan elektrolit dibersihkan pake thinner dan Elko 330uf/400v diganti lalu dikeringkan,
mesin siap di tes. Saat di on pertama kali tv langsung start, belum sempat raster nongol tv dah protek...cilaka..!!. ahh jangan2 thinnernya blm kering betul dalam hatiku. Krn hairdryer tertinggal dibengkel, seperti biasa korek gaspun jadi andalan untuk membantu mengeringkan pcb. Setelah merasa yakin dah kering. Tvpun kembali siap dites. Hasilnya masih tetap protek tapi raster sempat nongol sekejap dg gejala bagian vertikal ndak beres alias gbr melipat lalu menyempit atas bawah. Cek teg di IC vertikal STV9306B terukur 23,7V tp stabil. Kok ngepress banget...., umumnya minimal 25-26V. Sedangkan B+ terukur normal 140,5V. Ndak mau pusing semua elko di regulator dan verikalpun di babat habis. Ada perubahan, TV ndak lagi protek...tapi gbr tampak bergetar. Bagian bawah naik turun seperti mau mengecil....dan teg ke vcc vertikal tetap di 23,7V. Weleh2 bandel jg ni tv.  Sempat ragu elko pengganti di bagian vertikal ada yg gemblung. Reboisasi ulangpun dilakukan. Hasilnya nyapun tetap sama hingga ditelpon istri agar bergegas kerumah adik krn Acara arisan keluarga sdh dimulai. Dengan perasaan dongkol dan penasaran, tvpun aku tinggalkan krn tidak enak dg sanak famili yg hadir jika aku sampe ndak nongol.
Ditengah Acara keluarga, pikiranku msh tertuju ke masalah tv yg blm tuntas. Jangan2 IC vertikalnya cacat sehingga tegangan sedikit ngedrop dan gbr jadi bergetar. Kalo memang begitu berarti kerjaan ni bakalan tertunda hingga besok krn ndak ada stok. Sedang besok jadwal dibengkel lumayan padat mo ngurusin mesin2 tv yg terendam habis kebanjiran. Blm lg beberapa barang sdh jatuh tempo janjinya.
Yaa Allah berilah aku petunjuk....Terlintas kembali dalam pikiranku apa mungkin cairan elektrolit dari elko yg meledak msh belum tuntas keringnya. Padahal sdh separuh isi korek gas sudah kuhabiskan untk mengeringkan mesin tsb dan sekilas tampak memang sudah kering betul.  Setelah acara Arisan keluarga selesai, tergerak hatiku untuk mengambil Hairdryer dibengkel sekalian kewarung beli rokok untuk modal tempur malem ini. Sesampai dirumah persis azan maghrib berkumandang. Sholat dulu ah...Semoga pekerjaan malam ini dimudahkanNya...Aamiin.
Setelah Sholat...hairdryerpun mulai bekerja mengeringkan bagian vertikal dan power supply walaupun sesunggunya bagian2 tsb sdh kelihatan kering. Begitu di tes ada sedikit perubahan membaik tapi masih tersisa sedikit getaran dibagian bawah layar yg kasat mata. Tanpa ragu...kembali kutuangkan thiner dan kembali dikuaskan pada bagian2 atas yg dicurigai menjadi biang kerok permasalahan. Setelah rata..., hairdryer pun kembali jadi andalan. Hasilnya.....Alhamdulillah..gbr nampak mantaap dan tidak lagi bergetar.....Yesss..!!Ternyata penyelesaianya tidaklah serumit dan sepanjang curhatku ini. Bodohnya aku..., begitu di cek teg. Vcc vertikal posisinya masih tetap 23,7V. Aku tertipu....Berarti memang segitulah tegangan yg benar pada ni tv. Dan gannguan pada bagian vertikal sebelumnya hanya dikarenakan larutan elektrolit yg masih menempel di pcb bagian atas walaupun terlihat sdh mengering tapi msh menyebabkan terjadinya induksi antar komponen bagian vertilkal. Terima kasih Yaa Allah telah kau mudahkan pekerjaanku malam ini.
Semoga ini dapat diambil hikmahnya....
◄ Newer Post Older Post ►