Minggu, 13 Mei 2012

TV China dipenuhi garis2 vertikal


Banyak permintaan dari rekan2 untuk memposting pengalaman2 servis, kali ini baru sempet menulisnya, dikarenakan kesibukan di darat yang cukup banyak.
Tv china merk SAAB dengan ic program LC863532B 54D5, ic chroma LA76810A dengan kerusakan seperti gambar diatas apabila dipindah ke posisi AV .
Langsung buka casing, lihat mainboard dengan teliti atas bawah ada komponen yang mencurigakan nggak? kalo dilihat secara fisik, karena tv china biasanya rentan elco2 jebol, ternyata kelihatan masih OK,walaupun elco2 kelihatan masih ok alangkah baiknya diganti, hal ini untuk jaga2 terutama pada out SMPS dengan nilai2 100/160V, 1000/35V, 470/35V, 22/250V karena kualitas elco China yang anda tahu sendirilah..he he he... kemudian solderan untuk langkah pertama ternyata banyak juga yg retak, langsung aja solderan diperbaharui yaitu dengan menyedot dulu baru kita solder biar hasilnya kuat dan bagus.
Saatnya mencoba untuk mengetes hasilnya ...ternyata masih utuh hasilnya...karena ini memang bukan sasaran utama dari biang kerusakan ..he he he...
Meningkat ke tahap yang lebih serius lagi dengan sasaran pin ExtVideo input dari IC chroma LA 76810A terletak pada pin 42 karena pin ini yang menjadi saluran video external. Ukur sana sini...he he ...dalam waktu yg agak singkat akhirnya kena juga biangnya...ditemukan R 833=82 Ohm dalam keadaan putus.... mudah2an hanya ini saja.
Saatnya untuk mengetes lagi, dan ternyata......eh langsung ok. langsung di test menggunakan DVD hasil gambarnya juga bagus. Ya udah beresin semuanya...bersih2 tinggal menunggu bayaran.


Semoga bermanfaat.......
◄ Newer Post Older Post ►