Kamis, 26 April 2012

TV Sanyo CG14CE1 error

Beberapa hari yang lalu saya disuruh mbetulin TV Sanyo CG14CE1 yang bermasalah. Problemnya TV mati, tapi dari keterangan pemiliknya, sebelum mati sudah ada berbagai masalah dulu yang terjadi.
TV saya cek, memang keadaannya mati total, tetapi arus listrik ke regulator jelas masuk saat saya cek pakai tester. Saya cek lebih cermat bagian 'lingkungan tempat mesin diletakkan', tidak hanya saya lihat dengan bantuan lampu senter saja, tetapi juga saya endus-endus pakai hidung... (hehe... tukang servis bergaya anjing atau bergaya babi kali ya...). Dari situ saya menduga ada masalah 'sanitasi' di dalam TV, maksudnya kondisi lingkungan sekitar mesin TV itu 'kurang sehat'. Untuk membuktikannya saya gunakan ohmmeter x100K lalu coba untuk mengetes sembarang tempat yang seharusnya bersifat isolator. Ternyata benar, ada beberapa bagian di bagian dalam kabinet TV itu yang membentuk konduktor dengan nilai resistansi tinggi. Untuk coba mengatasinya saya gunakan aja hair-dryer dan kuas, saya bersihkan mesin TV beserta bagian dalam kabinet TV tersebut dengan tiupan udara hangat dari hair-dryer sambil disapu pakai kuas. Hasilnya... saat dicoba TV langsung hidup.
Setelah itu dilanjutkan pengecekan berikutnya, ternyata suaranya keras sekali, walau nilai volume 0 tetap saja speakernya bunyi. Disamping itu gambarnya juga mulur arah vertikal, bagian atas dan bawah gambarnya mingslep, gambar juga sedikit geser ke kanan sehingga logo stasiun TV yang di sebelah kanan jadi sebagian mingslep, ......jadi kesimpulannya pasti problem EEPROM. Celakanya remote controlnya sudah tidak ada, waduh... gimana nih. Untunglah saya bawa remote TV serbaguna. Saya setting dulu remote serbaguna itu hingga cocok, lalu saya coba gunakan untuk masuk servis mode. Berhubung caranya lupa, maka saya buka contekan dulu di http://teknikamania.blogspot.com/p/service-mode-tv.html dengan membukanya pakai Opera Mini di ponsel. Ketemu caranya;  Tekan Menu di remote ditahan >> tekan VolUp di panel TV. Berhasil masuk tapi karena gambar mulur maka tulisan setting jadi nggak kelihatan, waduh, piye iki.... keluar aja dulu dengan mematikan TV, terus coba yoke vertikal diparalel dengan R berukuran antara 300~1K ohm, setelah ubek-ubek di bungkusan tempat spare parts akhirnya pakai R bernilai 330 ohm, dipasang di pin yoke vertikal (paralel dengan kumparan), cara ini bisa sangat membantu, saat TV dicoba ukuran gambar sudah berkurang mulurnya. Coba lagi masuk servis mode, alhamdulillah, sekarang tulisannya sudah bisa dibaca. Untuk pindah menu settingan pakai tombol Sleep atau Mute, untuk merubah nilai pakai Volume. Ukuran gambar yang mulur vertikalnya bisa dibetulkan dengan merubah nilai V-SIZ, suara yang keras dibetulkan dengan merubah nilai opsi stereo ke 0, gambar yang mingslep ke kanan dibetulkan dengan merubah nilai H-PHASE. Untuk keluar tekan power. Lalu R yang buat nolong tadi dilepas, hidupkan lagi TV, dan cek lagi ukurannya sudah tepat atau belum, karena jadi kurang tepat sedikit maka ulangi lagi masuk servis mode, atur V-SIZ, lalu keluar, dan servispun selesai. Yang punya senyum-senyum.... walau suguhan teh manisnya tadi belum saya habiskan ternyata sudah dibikinkan lagi kopi mix..... wow.... plus gorengan hangat, ada juga biskuit, dan kemudian disuruh makan.... pulangnya bawa honor.... terima kasih ya Allah...
◄ Newer Post Older Post ►