Kamis, 12 April 2012

Tip Service TV SAMSUNG CB21M17MLH berkedip


Tv ini menggunakan IC tunggal yaitu SUSOC LA76919FB 6AD0R. Kerusakan pada TV ini sering protek Penyebabnya adalah PIN 30 pada IC tersebut terukur 0 atau 0,5V. Ini disebabkan karena IC vertikal rusak atau kerusakan pada Horizontal dan memberikan sinyal pada basis TR rangkain proteksi sehingga Colector TR yg terhubung dgn PIN IC tersebut menjadi cut off menjadi 0V dan protek.

     Tapi ada lagi yang sering terjadi pada TV ini pin PROTECT kehilangan tegangan 5V karena SHORT pada IC. Biasanya sering terjadi karena kena cipratan / radiasi petir. Gejalanya TV ditekan power led berkedip kemudian muncul gambar dan suara sesaat dan kembali standby. Kerusakan seperti ini untung - untungan bisa hdup kembali atau tidak. Caranya dengan memberikan arus kuat 5V pada pin tsb atau menjamper R 1K dari 5V ke PIN tsb hingga pada pin tsb terukur tegangan 5V. Kemungkinan didalam IC ada dioda atau C yg koslet dan setelah diberikan arus kuat akan terbakar dan tidak koslet lagi. Ini menurut teori saya.

     Perlu diingat TV ini juga rentan sekali IC Eepromnya. Matikanlah TV dengan menggunakan Remote terlebih dulu sebelum menekan tombol Power.
Kerusakan eeprom juga bisa menyebabkan TV tidak bisa ON dan kerusakan pada gambar.
◄ Newer Post Older Post ►