Minggu, 08 April 2012

Jenis Sensor

Sensor, benda satu ini juga cukup penting dalam dunia elektronika, terlebih kalau ktia ingin membuat robot. Ada apa saja jenis sensor itu? Check this out!

1. Sensor Suhu
Sensor suhu disebut sebagai thermistor. Nilai tahanan thermistor akan semakin berkurang seiring naiknya suhu.Pada thermistor, suhu direpresentasikan dalam bentuk sinyal tegangan yang dihasilkan oleh rangkaian pembagi tegangan.

2. Sensor Cahaya
Disebut juga light dependent resistor. Sensor ini nilai tahanannya semakin berkurang seiring dengan meningkatnya intensitas cahaya. Komponen ini dan komponen thermistor paling bagus digunakan sebagai rangkaian pembagi tegangan yang menghasilkan sinyal tegangan.Sebut saja fotodioda, yang sempat dibahas pada artikel sebelumnya, merupakan salah satu jenis komponen sensor cahaya.Sensor cahaya terdapat pada gambar berikut ini.

3. Sensor Gaya
Komponen bernama strain gauge (pengukur tekanan mekanis) sangat peka terhadap perubahan gaya mekanik. Alat ini tersusun atas selembar kertas foil logam tipis, yang dibentuk sedemikian rupa menjadi benang-benang yang sangat halus. Lapisan film plastik membungkus keseluruhan kertas ini

4. Sensor Suara

Suara dapat dideteksi dengan mikrofon seperti komponen mikrofon kapasitor.

Untuk efisiensi, umumnya sensor suara yang digunakan ialah “microphone insert”, sebuah isi mikrofon tanpa badan dan kaki penyangga.Piranti ini merupakan dasar dari mikrofon, memiliki 2 kaki sambungan dibagian belakang. Di atas adalah gambarnya.

Salah satu jenis dari mikrofon insert yakni mikrofon kristal mampu menghasilkan sinyal output tanpa memerlukan catu daya. Berikut adalah gambarnya
◄ Newer Post Older Post ►