Jumat, 09 Maret 2012

PS Slim 90006 pake Hardisk



PS2 SLIM
Perangkat yang dibutuhkan :
1. PS2 SLIM SCPH 9XXXX
2. MODBO MATRIK V 3.0
3. MC PS2 minimal 8MB
4. CD BLANK
5. FlashDisk 4GB
6. File Image ULE untuk membuat CD Boot
7. File Installer FMCB
8. File OPEN USB LOADER
9. File Aplikasi untuk memasukkan dvd games ps 2 ke dalam FlashDisk atau HardDisk
tutorialnya sabar boss, ini belum ngopi jadi cekot-cekot hehehe… :D :D
ok, kita mulai dari awal, siapkan Komputer kita, dan Konsol PS2.
LANGKAH PERTAMA
saya asumsikan bahwa mesin PS2 Slim yang kita modifikasi ini masih bisa untuk membaca CD. download File Image ULE kemudian bakar kedalam CD dengan NERO BURNING atau aplikasi lain kesayangan anda. masukkan CD ULE tersebut kedalam PS2, jika Anda berhasil maka di layar akan tampil seperti gambar berikut:
dan biarkan dulu, kita menuju ke proses selanjutnya.
LANGKAH KEDUA
sekarang kita sudah siap untuk membuat FMCB, download File FMCB dan simpan kedalam FlashDisk, pindah FlashDisk tersebut ke dalam Konsol PS2 dan pasang juga MC PS2. kita akan meng INSTAL FMCB yang ada diFlashDisk kedalam MC PS2. tekan O diJoyStick untuk masuk file browser.
direktori flashdisk ada di Mass:// tekon O di joystick cari file FREE_MCBOOT.ELF dan buka dengan menekan tombol O dan layar anda akan tampak seperti dalam gambar :
FMCB
saya asumsikan bahwa MC PS2 8Mb sudah terformat dan masih kosong, pilih MENU Multi Version install dan ikuti saja petunjuk yang ada, tunggu hingga selesai. Kemudian pilih MENU Lounch FMCB tekan x, selanjutnya reset konsol PS2 anda. Kita kembali ke File Browser ULE masuk pada direktori CD ROM yaitu CDFS:// kemudian pilih file BOOT.ELF tekan R1 di JoyStick untuk masuk Menu kemudian pilih Copy tekon O, kembali ke direktori sebelumnya dengan cara menekan tombol Segi tiga diJoyStick hingga anda menemukan direktori MC0:/ tekan O cari Folder BOOT tekan O untuk masuk kedirektori BOOT, tekan R1 untuk menampilkan menu dan pilih Paste lalu tekan O kembali…… pusing-pusing heheheheh, intinya kita kopikan file BOOT.ELF yang ada di CD kemudian kita masukkan kedalam MC PS2 8Mb harus berada didirektori BOOT. Ok sekarang saya anggap anda sudah memahami file manager LounchELF. kopikan file OPEN USB LOADER ke MC PS2 8Mb, OPEN USB LOADER ini adalah aplikasi yang nantinya digunakan untuk memainkan Game yang ada diFLASHDIDK.
LANGKAH KETIGA
Buka Konsol PS2, lepaskan semua kabel pada mainboard hingga tampak sepeti pada gambar berikut,
siapkan MODBO MATRIK V3.0 yang bisa dibeli toko Perlengkapan PS2 yang ada dikota anda :D ,

Sekarang tinggal ganti MODBO bawaan PS2 SLIM yang biasanya E7 dengan MODBO MATRIK V3.0 yang kita beli, coba perhatikan kabel-kabel yang terhubung ke MODBO E7 tersebut, biar mempercepat kita kerja jangan lepas dulu kabel-kabel yang terhubung ke MODBO E7 tersebut. Siapkan Solder yang runcing, kemudian kita lepas kabel di huruf M, kemudian lekatkan dengan solder di Poin M yang ada di modbo matrik v3.0 lanjutkan dengan N,O,P,Q,T,U,V,R,W, ingat ya pasang satu persatu saja biar tidak lupa tempatnya :D . nah setelah selesai satu grup kita lanjutkan di grup yang kedua yaitu point A,B,G,H,I, lho point F nya…..?? :O ,iya point F ini tidak dipakai lagi di MODBO MATRIK V3.0 jadi biarkan saja dan amankan biar tidak KONGSLET :D :D. Jangan lupa Point RST, +3,3V dan GND.Setelah semua selesai tinggal lekatkan MODBO nya agar tidak gampang goyang. Pasang kembali Konsul PS2 anda, dan siap dicoba walaaaaaaaaaaah lupa gimana cara mindahin game di DVD ke flashdisnya…. oh ya download aja aplikasi yang paling bawah itu ya dan silahkan diutak-atik sendiri di jamin gampang kok, ma’af jari saya sudah kriting boss……
◄ Newer Post Older Post ►