Jumat, 23 Maret 2012

Cara Membuat ScreenShot (SS) di Komputer

Kali ini saya ingin berbagi info mengenai Cara Membuat Screenshot. Screenshot biasanya digunakan untuk menunjukkan bukti-bukti pembayaran dari bisnis online seperti yang telah saya buat di blog ini. Screenshot juga berguna untuk membuat tutorial (ebook) dimana tutorial tersebut kadang sulit dipahami dengan kata-kata, maka perlu diberikan pula gambar screenshot. Bagi anda yang biasa bergelut di komputer mungkin tips ini sudah usang,  namun ternyata banyak juga pengguna komputer yg belum tahu cara membuat screenshot itu.
Cara membuat screenshot sangatlah mudah. Langkah2nya adalah:
1. Siapkan gambar apa yg mau dibidik, sebagai contoh saya ingin menunjukkan gambar software megatyper saat dibuka pertama kali, maka pertama saya buka dulu software Megatyper di komputer saya
2. Setelah software megatyper terbuka, kemudian tekan tombol Print Screen / Prt Scr di keyboard anda, biasanya letaknya diatas tombol Insert atau kadang Num Lock.
3. Setelah anda tekan tombol Print Screen / Prt Scr, maka komputer otomatis menyimpan gambar yang tampil di komputer anda saat itu.
4. Sekarang buka program Paint (biasanya sudah tersedia di semua komputer windows). Caranya klik Start - All Program - Accessories - Paint.

5. Setelah program Paint terbuka, pilih edit - Paste, maka muncul gambar yang baru saja di printscreen, seperti ini:

6. Simpan file gambar tsb dengan menu Save As.. pilih format JPEG (biasakan menyimpan gambar dengan format JPEG, karena kalau memakai format BMP biasanya filenya cukup besar ukurannya (sekitar 2.5 mb)

7. Berhasil.. selamat anda telah berhasil membuat Screenshot, maka tampilannya akan seperti ini:
Anda bisa mempraktekkan sendiri jika ingin membuat screenshot tentang apa saja, misalnya bukti pembayaran BCA, Webmoney, LibertyReserve dsb. Caranya seperti tersebut diatas..

Semoga membantu... :D
◄ Newer Post Older Post ►