Jumat, 17 Februari 2012

Tip merakit antena 5/8




Antena gelombang 5 / 8 terdiri dari radiator vertikal yang diumpankan di dasar antena. Sebuah perangkat yang cocok dari beberapa macam harus ditambahkan antara antena dan feedline jika Anda ingin makan dengan coax. Menambahkan sebuah kumparan secara seri dengan antena di pangkalan adalah salah satu metode tersebut yang cocok.

Jadi mengapa ada orang yang menggunakan antena 5 / 8 gelombang jika mereka harus melalui semua yang bekerja ekstra? Setelah semua, sebuah antena pesawat tanah menyediakan pertandingan bagus. Ada beberapa jawaban. Yang pertama adalah GAIN. Komputer menunjukkan bahwa antena (dipasang 1 kaki di atas tanah) memiliki keuntungan sekitar 1,5 dBd lebih tinggi daripada mendapatkan dipol (juga dipasang 1 kaki di atas tanah.)

Alasan kedua Anda mungkin ingin menggunakan gelombang 5 / 8 vertikal adalah untuk mendapatkan sudut yang lebih rendah radiasi. Radiasi sudut puncak Sebuah antena setengah gelombang adalah 20 derajat. Anda akan menemukan bahwa sudut 5 / 8 gelombang antena radiasi hanya 16 derajat sehingga antena dx lebih baik.

Anda mungkin telah memperhatikan pola berkembang di sini. Sebuah tanah seperempat gelombang antena pesawat memiliki pola radiasi yang menghasilkan keuntungan maksimum pada sekitar 25 derajat dan antena setengah gelombang tetes sudut yang sampai 20 derajat, dan antena gelombang 5 / 8 lanjut tetes sudut yang sampai 16 derajat. Jadi mengapa tidak hanya tetap memperpanjang antena ke salah satu gelombang penuh? Yah itu akan menyenangkan jika bekerja tapi sayangnya pola gelombang mulai menciptakan sudut yang sangat tinggi radiasi gelombang melampaui 5 / 8. Jadi kita telah mencapai keuntungan maksimum pada saat ini dan memperpanjang antena lebih jauh hanya mengurangi keuntungan di mana kita menginginkannya (sudut rendah). Tentu saja jika Anda tertarik untuk melompat sangat singkat, memperpanjang antena akan menghasilkan keuntungan yang bagus atas dipol.

Semua panjang antena tergantung pada berbagai faktor. Beberapa faktor-faktor adalah: ketinggian di atas tanah, diameter kawat, struktur di dekatnya, efek dari antena lain di daerah tersebut dan bahkan konduktivitas tanah.

Halaman ini memungkinkan Anda untuk menghitung panjang gelombang untuk antena 5 / 8. Ia menggunakan rumus standar, 585 / f (178,308 / f untuk metrik) MHz untuk menghitung panjang elemen. Jika Anda telah bereksperimen dengan 5 / 8 antena gelombang sebelum dan tahu formula yang lebih baik untuk QTH Anda, merasa bebas untuk mengubah formula yang sesuai. Formula ini adalah untuk antena kawat. Tentu saja jika Anda membangun antena Anda keluar dari tabung, panjang total antena akan menjadi lebih pendek, misalnya saya telah menemukan bahwa 21,5 kaki tampaknya memberikan keuntungan maksimum untuk frekuensi 28,5 MHz ketika menggunakan 1 "tabung Dan 22,5. kaki tampaknya menjadi panjang terbaik untuk kawat pada frekuensi yang sama. Sejak rumus menghitung antena menjadi lebih pendek sekitar 2 kaki, pastikan untuk bereksperimen dan mungkin menambahkan sedikit untuk panjang akhir Anda.
◄ Newer Post Older Post ►