Rabu, 15 Februari 2012

DIGITEC

DIGITEC JADUL TERANG SEBELAH
Televisi jadul memang suka aneh aneh kerusakannya,kadang setelah rusak pada satu bagian dan setelah selesai diperbaiki pada bagian tersebut muncul kembali kerusakan yang lainnya.
Kali ini tiba giliran teve jadul bermerk Digitec dengan nukuran14 inchi dengan type DM14025. Awalnya mati total. Tegangan B+ terukur 0volt,kuperiksa transistor horizontalnya ternyata masih bagus, kunyalakan tv tanpa tr horisontal dan ternyata teg B+ masih belum nongol demikian juga dengan tegangan yang lain. Usut punya usut yang eror dalah dibagian primer SMPS terdapat transistor C3807 dan A1015 dalam keadaan sekarat. Setelah kuganti tv pun menyala.Eh muncul lagi penyakit baru yakni gambarnya terang pada layar sebelah kanan dan pada sebelah kiri sangat gelap (keadaan ini sangat jelas pada posisi av tanpa signal) serta raster semutnya timbul tenggelam. Ku oprek lagi ,akhirnya kutemukan Elco 10uf/250v untuk stabilizer tegangan video 180 volt ternyata tinggal kakinya saja sedangkan bodinya entah pergi kemana. Elco 4,7/uf 160v stabilizer tegangan driver horizontal sudah bolong dan satu lagi sebuah elco pada tegangan VT 33volt berukuran 10uf/50v kakinya putus sebelah. Akhirnya dengan penggantian ketiga elco tsb kerjaan jadi kelar juga. Bayaran-bayaran-bayaran............hehehehe

DIGITEC DN 1411TN INDICATOR BERKEDIP
Kali ini giliran sebuah televisi berukuran 14 inchi nongkrong dimeja kerjaku minta dielus-elus hehehehe kayak bocah kecil aja pake dielus-elus. Maksudnya minta di servis gitu loh. Adapun merknya adalah Digitec dengan type DN 1411TN. menggunakan ic single yang lupa gak kucatat nomor serinya karena keburu cepet selesai,dan ditungguin yang punya.Keluhannya adalah gak mau nyala tapi lampu indicatornya menyala merah berkedip-kedip terus gak berhenti. Tanpa pikir lagi langsung kucopot semua baut yang mengunci cassing belakang tv ini. Kulepas semua koneksi/perkabelan yang berhubungan dengan crt dan panel televisi ini karena memang penelnya diletakkan pada pcb tersendiri,maksudku agar leluasa membolak-balikkan chasis ini saat penelusuran kerusakan. Langkah selanjutnya kuukur tegangan B+ yang seharusnya 115vdc ternyata melorot jadi 50 volt aja. Begitupun dengan tegangan 14v melorot juga jadi 1,5 volt aja. Dugaanku penyebabnya adalah tr horizontal udah minta istirahat,eh ternyata salah karna setelah kulepas tr tersebut kuukur kembali teg B+nya yang ternyata masih tetep 50volt. Kemudian kuputus semua jalur yang mengkonsumsi tegangan skunder smps kemudian kuukur lagi tegangannya masih gak nanjak. Hmmmmmmmmm ini pasti dari bagian primer smps pikirku. Dan ternyata memang benar, transistor fet regulator yyang bertitel 7N65C dalam keadaan mabok,tapi belum kelenger betul. Langsung aja kuganti dengan type yang sama karna kebetulan stok masih ada. Setelah itupun kupasang kembali semua kabel yang kulepas tadi trus tv kunyalakan,mak nyoooooooooos tv menyala sudah dan akhirnya bayaran lagi deh..........!
◄ Newer Post Older Post ►