Kamis, 05 Januari 2012

Tv sharp universe protek

    Tv ini menggunakan Ic TDA9381PS/N2 XXX.Pogram IX3410CEN5.awalnya tv ini mati total di tandai indikator led tidak nyala sama sekali,setelah cassing tak buka seperti biasa tak bersihkan dulu maenbootnya sambil mengamati komponen tv tersebut.dari hasil pengamatan terlihat IC751=TA48M033,dalam keadaan jebol.











ic tadi sebagai penyuplay tegangan vcc 3,3v langsung aja aku ganti ic tersebut dan aku coba nyalakan indicator led mau nyala merah kemudian hijau kembali merah lagi tak berkedip atau terprotek menandakan ada kegagalan pada blok horisontal.
Dari hasil penelusuran tertangkap transistor horisontal Q602=D2586,dalam keadaan shotd setelah penggantian komponen tadi tak cobalagi tetap aja protek .
langkah berikutnya tak cek tegangan 180 v. 40 v . semua ada
kemudian perhatian kualihkan pada ic vertikal cek pin 2 tegangan out vertikal 12 v ada kemudian pin 6 ada kejanggalan,wah ini biangya pin 6 ini menuju ke kaki playbak 40 v dengan di tahan resistor R505= 3,3 ohm resistor ini ter ukur putus.
setelah pengganthan coba tes lagi tv masih tetap protek.kemudian tak coba masuk menu servis tetap aja protek.wes pusing kepalaku ahirya tak tinggal tidur aja
ke esokan harinya tak coba uprek2 lagi pada jalur proteknya.tak lepas j223 tak coba nyalakan lagi mak byak tv langsung nyala gak mati lagi. Tapi jika j223 tak pasang tv pung protek lagi.wah iki boca'e ketemu kowe hehehehehe.
langkah berikur cabur satu persatu dioda pada jalur protek j223 .yang pada ahirya ketahuan juga biang kerok peyebab terproteknya tv ini yaitu D610=23v dalam keadaan koslet ,setelah tak ganti dengan yang baru ahirnya tv pun bisa kembali seperti semula dan siap di pampang di atas mejanya lagi, ahirya selesai juga pekerjaanku .semoga ada manfaatnya
◄ Newer Post Older Post ►