Sabtu, 21 Januari 2012

Memperbaiki Inverter

Inverter merk TBE 300 Watt bisa rusak jika kelebihan beban. Di sini saya menemukan kerusakannya terjadi pada dua transistor bagian primer trafo. Dimana kerja dua transistor ini sebagai flip-flop untuk menghasilkan perubahan-perubahan listrik yang masuk ke lilitan primer trafo. Kedua transistor ini sudah dihapus kodenya oleh pabrik pembuatnya sehingga kita akan kesulitan untuk memperbaikinya. Jika anda punya masalah kerusakan terjadi pada kedua transistor ini, maka saya memberikan solusinya disini.
Inverter ini menggunakan transistor jenis mosfet sebagai switchingnya, jika keduanya terbakar bisa diganti dengan IRFZ44N. Tetapi supaya tidak langsung terbakar lagi sebelumnya coba cek pulsa switching pada bagian gerbang transistor ini berfungsi atau tidak. Jika pulsa swicthingnya sudah rusak maka IRFZ44N akan langsung terbakar jika inverter dioperasikan. Jika rangkaian pulsa swichingnya juga rusak dapat kita buat rangkaian tambahan baru menggunakan rangkaian flip-flop sederhana dengan besar frekuensi 100 kHz, moga berhasil bagi mereka yang pernah mengalami kerusakan inverter ini. Buatlah rangkaian flip-flop sederhana di bawah ini jika penggantian IRFZ44 selalu gagal dan terbakar.
Hubungkan terminal power suply 12 volt ke sakelar on-off, dan GND ke ground dari inverter tersebut. Hubungkan G1 ke gerbang mosfet "1" dan G2 ke gerbang mosfet " 2". Jika tidak ada kerusakan di bagian rangkaian output dari inverter ini,maka inverter akan beroperasi dengan baik.
                                   Sumber dari http://asriyi.blogspot.com
◄ Newer Post Older Post ►