Rabu, 21 Desember 2011

Tip bersih-bersih-laptop

Bersih-bersih rumah udah, cuci baju udah, cuci piring udah.. Ngapain lagi ya? Buat yang libur kerja hari sabtu dan minggu, yang ga punya kegiatan ga tau mesti ngapain. Mending bersih-bersih laptop.. Kali ini bukan cuma bersih-bersih file yang tersimpan di laptop. Kalau cuma bersih-bersih file di laptop aku yakin semua udah pada tau, tinggal pake software cleaner, defragment sampai menghapus file dalam folder Prefecth. Hari ini aku bersih-bersih laptopku sendiri.

Untuk sebagian orang, laptop merupakan barang berharga.. Ga heran laptop disayang-sayang sama pemiliknya. Di lap, di elus-elus bahkan dikeloni ditempat tidur hhe..


Seberapa besarpun kasih sayang kita sama laptop tetap aja laptop adalah barang rentan yang mudah rusak kalau ga dirawat baik-baik. Berbagai tools terinstall untuk menunjang perfoma laptop.
Mulai dari Antivirus, File Cleaner, Repair Tolls, Defragment Tools, Tune Up semua di install supaya laptop kesayangan bisa tetap berjalan baik dan stabil.

Ok. Semua software sudah terpasang, Tapi bagaimana kalau kerusakan terjadi karena faktor eksternal? Misalnya debu.


Ini memang ga bisa dihindari, laptop sendiri memiliki sistem sirkulasi udara dengan menggunakan kipas angin DC (air cooler) untuk mendinginkan komponen-komponen penting seperti Processor dan Video Grafic Accelerator (VGA). Sistem pendingin udara ini bekerja dengan menghisap udara kedalam compartment laptop melewati komponen tertentu dan dihembuskan keluar.


Ketika udara keluar masuk itulah partikel debu yang tak kasat mata ikut masuk kedalam laptop, memasang filter udara memang bisa mengurangi debu yang masuk tapi tetap aja ada partikel debu yang lebih kecil terbawa dan akhirnya menumpuk di dalam laptop. Selain itu filter udara juga mengurangi daya hisap air cooler, jadi gimana donk?


Hari minggu ini ga ada kerjaan, jadi ada waktu buat bongkar laptop kesayanganku ini. Memang sedikit

ribet dan beresiko tinggi. Makanya kalau ada yang mau praktek aku cuma pesan: Resiko Ditanggung Sendiri !!

Alat-alat yang dibutuhkan juga sederhana, cuma perlu obeng plus atau minus, tergantung bentuk sekrup umumnya obeng yang dipakai adalah plus sedangkan obeng minus digunakan untuk menyungkit. Ini ga serumit kelihatanya, cuma perlu ketelitian, kehati-hatian dan kesabaran untuk membongkar laptop.

Harus teliti, soalnya di laptop ini ada ratusan sekrup

berukuran besar dan kecil, harus ingat penempatanya. berhati-hati sewaktu membersihkan karena di dalam laptop banyak resistor-resistor berukuran kecil dan juga kabel fleksibel yang rentan terhadap goresan dan mudah putus. Jadi bersihkan dengan hati-hati dengan kuas bersih dan lembut, jangan gunakan tisue apalagi lap basah.. Juga jangan nekat bersihkan laptop pakai compressor! Bisa tercabut keluar hardisknya!

Ga perlu pengetahuan elektronik dan teknik komputer untuk merakit komputer, aku sendiri ga punya background pendidikan di bidang komputer. Modal nekat aja belajar sendiri. Selain itu, merakit komputer atau laptop  memang ga sulit, semua plug and play seperti main puzzle ga mungkin bisa masuk kalau bukan pasanganya. Selamat mencoba
◄ Newer Post Older Post ►