Minggu, 06 November 2011

Membuat PCB Single Side dengan toner Laserjet

Ketahuilah bahwa toner Laserjet printer ternyata tahan terhadap larutan FeCl3, jadi bisa untuk melindungi tembaga dari gerusan FeCl3, alias jika kita bisa print layout PCB ke tembaga, bereslah kita dalam membuat PCB. Tetapi bagaimana kita dapat ngeprint di papan PCB Polos, yang bisa masuk printer hanya kertas dengan ketebalan maksimum tertentu dan bisa melengkung.

Jadi diperlukan kertas transfer, print layout PCB ke kertas transfer, dari kertas transfer pindah ke PCB, baru etching, berikut langkah-langkah yang harus dikerjakan;

1. Pilih kertas transfer yaitu bagian belakang dari kertas stiker label, yang biasanya dibuang, karena yang diambil adalah kertas stikernya, warna kuning atau putih mengkilap, contoh merk Golden Cock. Pilih label yang stikernya paling besar, biasanya satu lembar terdiri dari 2 stiker. Bisa juga digunakan kertas bekas label CD, tetapi karena ada goresan lingkaran CD, ini sedikit mengganggu / memutus jalur saat transfer toner ke PCB polos. Simpan kertas stiker putihnya, karena akan digunakan untuk menutupi / memegang kertas tranfer di permukaan tembaga PCB Polos (optional saja - tidak harus).

2. Kertas ini tipis sekali, jadi jangan langsung dimasukkan ke printer, akan terjadi error paper jam. Jadi harus ditumpangkan ke kertas biasa, kwarto 70-80 gr. cukup, pastikan tempelkan di lokasi dimana layout PCB akan di cetak.
3. Ada baiknya cetak dulu layout ke kertas kwarto 70 gr. putih, selanjutnya ditempat tercetak, dilemkan kertas transfer sebesar layout dilebihkan sedikit. Perhatian; lem tidak boleh meluber atau tercecer dikertas kwarto putih, akan dapat merusak drum laserjet anda.
4. Perlu perhatian ; akan dilakukan mirroring pada layout anda apa tidak, tergantung program pembuat layout PCB anda. Pada umumnya anda tidak perlu miroring pada jalur-jalur PCB tetapi perlu miroring pada tulisan anda, sehingga nanti kalau ditransfer, tulisan tercetak normal.

5. Cetak di kertas transfer tersebut dengan laserjet printer, kualitas toner asli (bukan refill) akan menghasilkan PCB yang lebih baik. Jangan sentuh toner tercetak di kertas tranfer, sangat mudah lepas. Jika hasil printing jalur PCB nya terputus-putus, maka sebelum printing, kertas transfer perlu dibersihkan lapisan lilinnya dengan alkohol dahulu. Tetesi alkohol dan sapu dengan tisu, setelah itu keringkan (optional saja).

6. Jangan pernah menyentuh PCB polos, potong PCB Polos sesuai layout, dilebihkan sedikit, jika belum bersih, gunakan deterjen atau cairan pembersih piring dengan busa pencuci piring. Jika terlalu kotor bisa digunakan metal polish (brasso atau kit) untuk membersihkan, bila ada karat, bisa gunakan amplas paling halus untuk membersihkannya. PCB yang masih mulus dari toko tidak perlu dibersihkan.
7. Bilas PCB polos dengan air, keringkan, jangan tersentuh tangan lagi bagian tembaganya, selanjutnya anda bisa memilih step nomor 8 (mode basah) atau 9 (mode kering) berikut ini;

8. Mode basah - Lumasi PCB dengan tiner (pengencer cat), merata, tipis saja, jangan sampai banjir, tempelkan pelan2 kertas transfer ke pcb, kemudian ditekan-tekan diratakan, agar semua kertas nempel di PCB yang basah kena tiner tersebut, tekan-tekan merata dengan gabus atau apalah, biarkan kira-kira  15 menit, masih agak basah PCB-nya selanjutnya ke step 10.
9. Mode kering - Panaskan PCB dengan setrika, tempelkan pelan-pelan kertas tranfer ke pcb (awas panas), ratakan dan taruh kertas diatasnya dan tekan-tekan merata, kertas akan lengket ke pcb, karena toner mulai mencair. Selanjutnya anda bisa tutup (optional, tak usah juga tak apa-apa), kertas transfer dengan kertas ber-perekat stiker, agar tak geser-geser kertasnya, selanjutnya step 10.

10. Setrika full heat, jangan gunakan bantalan kain, gunakan kayu yang datar / bisa triplek tebal, anda harus menaruh kertas diatas kertas transfer, bila tidak menggunakan kertas berperekat, supaya tidak geser saat disetrika. Setrika merata dan dengan tekanan penuh, berputar-putar, tekan dengan ujung setrika merata seluruh PCB tersebut, kurang lebih 1-2 menit, tergantung lebar PCB. Toner akan meleleh saat dipanaskan, jadi tekan yang kuat dan jangan sampai kertas transfer perpindah / bergeser dari tempat semula dan jangan terlalu lama, nanti overheated, hasilnya gagal.

11. Biarkan dingin, nanti kertas transfer akan lepas sendiri, bila tidak diberi/ditutup kertas berperekat.
12. Jika anda tutup dengan kertas berperekat, maka harus anda cutter pada batas kertas transfer.
13. Buka langsung, anda dapatkan toner yang terpola layout PCB telah pindah ke bidang tembaga.

14. Bila ada bagian yang putus, atau toner tidak tertransfer semuanya, anda perlu mengkoreksi, menyambungkan dengan spidol (marker) OHP, pakai Snowman atau Pilot warna merah, atau Pilot warna silver, pilot lebih baik.
15. Anda bisa gunakan tip-ex untuk memblok bagian-bagian PCB yang luas (misalnya jalur ground), supaya tidak ter-etching, tip-ex tahan larutan FeCl3.

16. Etching, larutkan dalam FeCl3, hingga tembaga yang tidak dilindungi toner akan larut
.
17. Bersihkan toner dengan aceton, pembersih kitek kuku juga bisa, itu aceton. Bila digunakan aceton 100%, maka toner akan mudah dan cepat cair, tetapi mengotori PCB dengan warna hitam. Pembersih kitek kuku merk Vanda adalah aceton 100%, sedangkan merk lain hanya 70%, yang ini agak susah larutnya, tetapi malah lebih bersih. Aceton di toko kimia juga dikenal dengan nama solvent 910. Aceton 100% sebaiknya diencerkan dengan aquadest. Teteskan aceton, gunakan setip / penghapus tinta (merk pelikan) untuk mengupas tonernya. Penghapusan juga bisa menggunakan tiner, olesi dengan tiner merata, biarkan 5-10 menit dulu, hapus dengan setip tinta, toner dan juga tip-ex nya akan larut dan mudah dibersihkan.

18. Bor
19. Asembling komponen, mulailah dari komponen yang paling pendek, jika ada jumper, itulah yang pertama di asembly.

20. Juga bisa ditransfer ke kaos!, tapi di mirror dahulu image atau tulisannya.

yang gagal dan berhasil
Dipasaran tersedia kertas transfer yang nama-nya press and peel, harga-nya lebih mahal dari kertas yang digunakan diatas, ukuranya seukuran kwarto, prosedur sama, dan kemungkinan berhasil lebih banyak, karena kertas memang didisain untuk itu.

◄ Newer Post Older Post ►