Sabtu, 24 September 2011

Tip pasang Blue Chip Review ps2



Blue Chip. Apakah benar clone messiah ini bisa sebagus aslinya? 

Kali ini VGI labs kedatangan Blue Chip yang sebelumnya kami pandang sebelah mata. Bukan apa apa, tapi pengalaman saya dengan Magic dan Axe (clone Origa) membuat saya tidak begitu percaya dengan chip hasil kloning. 


Beberapa waktu lalu sebenarnya kami sudah mendapatkan PS2 30006R dengan Blue Chip yang sudah terinstal. Pada saat itu hasilnya kurang bagus. Beberapa game versi US seperti Metal Gear Solid 2 dan Ace Combat 4 tidak berhasil di boot. Istilahnya 'milih-milih'. Atas dasar ini VGI tidak menganjurkan para gamer untuk memakai chip ini. Tapi itu berita lalu...

2 hari lalu salah satu rekan kami di ITC mangga dua mengatakan kalau dia sudah menjual banyak 30006 R dengan Blue Chip tanpa masalah. Ini yang buat kami penasaran. Bukankah Blue Chip banyak masalah? Mana mungkin tidak ada masalah? Selidik punya selidik, ternyata ada perubahan pada skema Blue Chip. Kali ini instalasi Blue Chip menggunakan 2 ground (istilah untuk solder ke mother board). Benarkah? Jadi kami pun mencobanya sendiri. Kami mencoba kali ini dengan Blue Chip untuk mesin 30006 R. Untuk mesin US dan PAL, konon Blue Chip ada versi yang berbeda.
 Setelah dicoba, memang benar adanya. PS2 30006 R dengan Blue Chip bisa dibilang memboot semua game dengan sempurna. Dari original US, J, PAL, hingga PSX bisa diboot dengan sempurna. Hebat juga chip ini ya? Tapi sayangnya seperti Messiah aslinya, tetap saja Blue Chip ini tidak bisa memainkan DVD movie asli diluar regionnya.

Berikut kesimpulan yang kami ambil atas Blue Chip yang diinstal di PS2 30006R (PS2 versi asia, NTSC J, 220V, DVD movie region 3)
  1. Boots CD/DVD backups (1 kali reset)
  2. Boots imports game (US dan PAL, matikan PS2, nyalakan kembali)
  3. Boots PAL DVD Movie region all
  4. Boots PSX backups (hold reset for 5 sec)
Seperti yang saya bilang diatas, mesin PS2 30006R ini dasarnya memiliki region 3 untuk DVD. Region 3 berarti adalah PAL DVD movie. Dengan demikian, walaupun mesin ini standarnya adalah NTSC J, yaitu NTSC, tapi dengan hebatnya bisa memboot film DVD PAL. Ini bisa dibilang luar biasa. Mesin NTSC yang bisa memboot DVD movie PAL! 30001 dan 30000 tidak bisa melakukan hal ini.

Kesimpulan akhir, mesin 30006 R dengan Blue Chip memiliki harga yang dibawah 30004R dengan Messiah asli bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi mesin PS2 kesayangan kamu dirumah.
Percobaan yang kami lakukan berhasil dengan baik. Chip kloning messiah ini berhasil melakukan tugasnya dengan baik.
◄ Newer Post Older Post ►