Kamis, 01 September 2011

Membuat Bootable USB Flash Disk dengan WinToFlash

Pada tulisan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips dan trik bagaimana membuat bootable USB Flashdisk dengan software WinToFlash.
WinToFlash adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan anda untuk mentransfer Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dan juga Server 2003 dan 2008 dari CD/DVD ke sebuah USB/Flash Drive. Untuk penggunaannya juga mudah, untuk membuat sebuah Bootable USB anda cukup mengikuti “Windows setup transfer Wizard”. Anda dapat memperoleh software WinToFlash pada link yang diberikan dibawah ini.
http://wintoflash.com/download/en/
Langkah-langkah penggunaan software WinToFlash yang akan membuat flashdisk anda menjadi bootable adalah sebagai berikut.
1. Extract dan Install terlebih dahulu software WinToFlash yang telah anda download dari website resmi WinToflash tersebut.
2. Open software WinToFlash yang telah diinstal tadi. Kemudian pilih task dan pilih transfe tipe yang akan digunakan. Misal anda mau menginstal WinXP  maka pilih “Transfer Windows XP/2003 setup to flash“. Klik create.




3. Pada tab “Basic Parameters” , kemudian Anda tentukan source tempat CD/DVD Windows yang akan dicopy dan Drive USB Flashdisk sebagai tujuan copy Windows. Anda juga dapat mengatur file system peng-copy-an WinXP ke USB Flashdisk. Pada kasus ini saya menggunakan file system “FAT32 LBA“. Kemudian klik create.

4. Proses copying file berlangsung. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses copying selesai.

Setelah proses peng-copy-an selesai, maka sekarang USB FlashDisk anda sudah dapat digunakan untuk menginstal O/S PC/Notebook anda. Untuk langkah instalasi Windows XP dapat anda lihat pada artikel instal Windows XP via USB Flashdisk.
◄ Newer Post Older Post ►