Senin, 29 Agustus 2011

USB PIC Programmer (Brenner8)

 Saya programer Tait Serial bekerja baik-baik saja, tapi tidak setiap komputer memiliki port paralel, dan hari-hari mereka hampir punah. Kebanyakan laptop bahkan tidak memiliki port serial! Berpikir ke depan seorang programmer USB tampaknya seperti investasi yang cerdas. Untungnya seseorang telah membuat versi DIY, yang Brenner8 . Ini terdiri dari PIC18F2550 dan beberapa transistor, tidak lebih. PIC18F2550 bahkan menjalankan dorongan-konverter memasok tegangan MCLR, sehingga semua daya dipasok melalui USB! Sangat elegan. Ada beberapa variasi untuk desain utama, tapi saya memilih versi ICSP mini. Karena saya hanya program 18 PICs pin 40 pin soket ZIF keseluruhan akan berlebihan, dan soket tambahan dapat ditambahkan ke konektor ICSP mudah.
Programmer cukup mudah untuk menempatkan bersama-sama, menangkap adalah PIC18F2550 yang harus diprogram dengan sebuah bootloader. Setiap programmer port paralel atau serial bisa melakukan ini, saya menggunakan PIC saya sebelumnya programmer dan perangkat lunak pemrograman . Ingatlah untuk membalikkan VDD dan VPP, dan bahwa tegangan MCLR PIC18F2550 adalah 13.6V maksimum 12.5V dibandingkan yang digunakan dalam programmer Tait. Saya harus menggunakan 15k pull down pada PGM (pin 26) dan 100 ohm resistor secara seri dengan PGD (pin 28) + topi 100pF ke tanah on line PGD. PGC adalah pin 27, MCLR pin 1, Vdd adalah pin 20 dan pin tanah 8 dan 19. Hex bootloader adalah bootloader_0_20mhz.hex jika menggunakan clock 20 MHz yang kita. Semua perangkat lunak dan firmware yang diperlukan dapat ditemukan di USBurn 1,5 . Download dan menginstalnya. Update firmware dan software bootloader dapat ditemukan di situs pencipta .

Setelah PIC18F2550 yang diprogram, membangun sirkuit seperti yang ditunjukkan di atas. Aku punya masalah dengan transistor Q2 dan Q3, tetapi menggunakan BD139, bukan dipecahkan itu. Resistor basis Q2 telah diubah untuk 2.7k. Nilai-nilai komponen yang cukup non-kritis, kecuali untuk R4, R5, Q1 dan D3. Namun R4, R5, dan D3 dapat dikompensasikan dalam perangkat lunak USBurn. Setelah dibangun, menempatkan PIC18F2550 diprogram ke programmer dan plug it in Komputer harus mengenali perangkat, dan meminta Anda untuk menginstal driver. Klik melalui sampai Anda dapat memilih lokasi untuk menginstal driver dari, lalu browse ke folder driver ke dalam folder USBurn. Pilih itu dan jendela harus menginstal driver. Setelah diinstal, pergi ke panel kontrol -> sistem -> hardware -> device manager -> perangkat lain -> PICbrenner8 (sprut). Pergi ke properti, manajemen daya dan tidak memungkinkan jendela untuk menonaktifkan perangkat untuk menghemat daya. Programmer Anda sekarang terinstal.
Langkah berikutnya adalah untuk mengkalibrasi programmer. Buka USBurn dan pergi ke pilihan -> Kalibrasi / Uji. Giliran pertama pada berbagai tegangan dan tes untuk 5V pada semua namun Vpp. Untuk SDATA memastikan bahwa programmer membaca data yang benar masuk Setelah titik-titik sinyal utama memeriksa, saatnya untuk kalibrasi tegangan MCLR. Hidupkan Vpp, dan mengukur drop dioda zener tegangan di pin 5 dengan multimeter. Masukkan tegangan ini ke bagian dioda zener (Z-tegangan). Jika Anda menggunakan resistor 4.7k dan 2.2k U-pembagi dapat disentuh, jika tidak menyesuaikan untuk mencerminkan input pembagi resistor untuk rasio tegangan output. Setelah ini dilakukan gilirannya pada kedua Vdd dan Vpp, lalu tekan "3: otomatis menyesuaikan offset dan gain". Sekarang menekan tombol 13V, dan akhirnya ">" tombol yang mengukur Vpp. Jika dikalibrasi dengan benar tegangan akan menjadi sekitar 13V, dan tegangan diukur dengan USBurn harus hampir sama dengan tegangan multimeter. Dorong "grafik" tombol untuk melihat bahwa konverter meningkatkan bekerja dengan benar. Grafik yang benar akan terlihat seperti satu ke kanan. Selama garis melewati area hijau bagian konverter meningkatkan bekerja dengan benar.

Brenner8 Anda sekarang harus siap untuk digunakan! Lihat spesifikasi pemrograman PIC untuk rincian tentang PICs pemrograman dalam berbagai paket.
◄ Newer Post Older Post ►