Kamis, 25 Agustus 2011

Tips & trik

Trik mengatasi layar tv yang menyempit kiri dan kanan



Kali ini saya akan berbagi trik sedikit bagai mana cara mengatasi tv dgan kerusakan gambar menyempit kiri dan kanan.

Gejala semacam ini sering kita temui saat pergantian mesin tv.. Atau yoke defleksi ini di sebab kan resistansi dari yoke tidak tepat dgan ukuran aslinya.

Bagi para technisi kerusakan semacam ini bisa di atasi dgan merubah parameter horizontal size dgan masuk ke sermod..atau mengganti nilai kapasitor resonan.. Tapi...kalau dgan cara tersebut masalah belum teratasi...wah....bikin puyeng........

Untuk itu sy akan kasih tips nya

Pertama tama..siapkan kabel yang agak panjang lalu

...ganti kabel yg menujuke yoke horzntal dgan kabel tadi (salah satu saja).

Di sini Kebel di ganti menjadi agak panjang tujuannya agar bisa di lilitkan pada inti perit(lihat gambar di atas)..

Lilitkan berapa belitan kabel tadi pada inti ferit flyback. Lalu solder ujung nya pada konentor..beres...cukup mudah kan.

Seandainya gambar masih dirasa kurang lebar ,tambahkan jumlah lilitannya dan sebaliknya apabila kelebaran kurangi lilitannya..

Semoga bermanfaat salam sukses..!

Tips MERUBAH TRAFO BIASA MENJADI TRAFO CT

kali ini saya akan membahas cara mengunakan trafo biasa untuk rangkaian penyearah ct(center tap) perhatikan dengan jelas gambar di atas...
berkadang orang tidak memahami prinsip dasar trafo. Sehingga saat butuh power suply dengan rangkaian ct dia harus beli..trafo ct pada hal dia punya trafo biasa(bukan ct) wah...ini agak lucu..menurut saya.








apa bila kita perhatikanprinsip dasar gulungan ct dan trafo biasa sebenar nya pola gulunganya sama saja. Diatas adalah gambar trafo biasa di mana tegangan 0v ada di pinggir sedang kan pada trafo ct 0v ada di tengah.. pada rangkaian di atas saya membutuh kan tegangan ct 12v ct maka dari itu saya menempatkan center tap nya pada pin 12v pada trafo lalu yang akan di searahkn pin 0v dan 24v....disini pin 0v dan 24 sudah kita anggap 12v mengapa?karena ct nya ada di 12v maka 24-12=12 dan 12-0=12 pembuktianya ukur antara pin 12v dan 24v maka hasilnya 12v lalu ukur pin 12 ke 0v maka hasil nya akan 12v juga..
Bagai mana kalau kita butuh rangkaian 6v ct maka susunan pin nya 0v--6v--12v dan 6v kita jadikn ct.
Kalau butuh 18v maka susunan nya 0v--18v--36v. Dan ct nya ada di pin 18v.
Jika seandai nya pin 36v tidak ada tapi yg ada 32v maka gunakan saja 32v..hasil nya akan sama saja setelah masuk rangkaian penyearah...dan tegangan akan di ratakan oleh kapasitor filter..
Nah..bagai mana menurut anda apakah harus beli trafo ct yg harga nya dua kali lipat dari trafo biasa....
Good luck..!

INVERTER TEGANGAN TINGGI

pada postingan kali ini kita akan membuat inverter bertegangan tinggi..lebih 10kv..entah bermanfaat atau tidak tapi banyak sekali yg bertanya dan minta di buat kan rangkaian untuk menaikan tegangan.

perna suatu hari saya berkunjung ke tempat paman saya tepat nya di daerah batu raja sumatra selatan ..nah..di sana saya banyak jumpai kebun yg sekeliling pagar nya di aliri listrik...menurt cerita itu sebagai penghalang babi hutan yg sering merusak tanaman.

Wow...bahaya sekali...apalagi listrik nya dari pln yg daya nya cukup besar...dan sangat mematikn...padahal tujuan awal nya hanya mengejutkan saja.. Nah...!!dari sana sy punya inspirasi untuk menggunakan flyback bekas tv sebagai penaik tegangan .....

Pada rangkaian di atas di saran kan hanya memakai satu buah transistor saja dengan tujuan agar arus atau daya tidak terlalu besar...dan hanya tegangan nya saja yg tinggi sehingga akan menimbulkan efek kejut..(bukan berarti tidak berbahaya)

Di sini saya memanfaatkan flyback bekas tv..karena kalau harus gulung sendiri sngat repot dan tentu biaya akan lebih besar...buatlah rangkaian seperti gambar di atas dan kabel keluaran yg akankita gunakan adalh kabel anoda(tegangan tinggi)

beri keping pendingin trasistr supaya tidak terjadi overheat..

Catatan: semakin besar tegangan input maka makin besar tegangan yg di hasilkn..dan begitu sebalik nya semakin kecil tegangan input maka tegangan yg di hasilkan jg akan kecil.

Semakin besar nilai resistor maka semakin kecil tegangan yg di hasilkan dan daya suply lebih irit.

Hati2 penulis tidak bertanggu jawab atas segala resiko nya.

Good luck...

DVD VITRON TAK ADA SUARA

kemarin dapat servisan dvd vitron.menurut yang empunya awal nya dvd ini sering eror (nodisk) dan ahir nya dvd mati total..

saya ambil peralatan dan mulai saya operasi tu dvd.. Saya cek regulator tegangan pun di ukur dan ternyata hasil nya teganan droop 50% dari tegangan normal.

.. Setelah cek sana sini didapati elko 247mf 16v meletup bagian bawah nya... Setelah pergantian dvd pun bisa hidup normal namun kali ini tanpa suara..wahhh mash ada yg gak beres ni pikir ku... Ku bongkar abis soket konektor pada mpeg lalu cek bagian out put suara mulai dari transistor,resistr ,kapasitor hasil nya nihil tak ada yg janggal..ahir nya saya vonis bahwa ic pre amp 4558 yg rusak.

Setelah pergantian ic tersebut suara pun mulai terdengar namun sangat kecil skali.... wahhhhh kaya nya harus pake juruss terakhir nich.."jumper"

yaitu melewat kan sinyal suara langsung ke bagian audio jack.. Setelah pen jumperan selesai dvd pun siap beraksi dan.... jrengggg... suksses suara pun kembali normal.. alham dulilah..



Bagi pengunjung dan rekan2 terutama yg masih awam mungkin akan sulit mencari sinyal suara yg keluar dari ic utama.. Disini saya akan jelaskan cara mudah mencari titik sinyal suara tsb..

langkah awal: karna sinyal suara bergetr maka kita mudah skali mencarinya..pertama hidup kan dvd dengan memutar sebuah disk lalu siap kan multi tester analog(biasa bkan digital) pilih selector pada skala 10v ac letakan kabel(-) pada ground jack audio,lalu kabel merah mencari titik sinyal suara dengan cara menempel kan nya pada kaki2 komponen biasa nya sinyal ini di lewat kan ke sebuah kapasitor(elko) maka cek setiap elko pada rangkaian penguat suaranya(pin +) apa bila jarum avo meter bergerak naik turun seperti bergetar nah disana lah yg harus kita jumper..salam sukses



DVD CHINA NO DISK

Sore tadi datang seorang teman mengantar DVD dengan merk tinwe,menurut keterangan dia dvd ini engak bisa reading selalu no disk di panel lcd menurut fileeng sy ini pasti optik nya..langsung saja saya buka boxnya lalu sy coba hidupkan dgan di beri kaset dan ternyata setelh saya perhatikan putaran kaset pelan sekali..sebelum mengecek optik sy coba cek motor spindel nya dgan multi tester skala 1x dan ternyata wow..wow jarum avometr mentok dan motor engak jalan sama sekali..ternyata motor spindel uda sort wah..servisan empuk nich..langsung aja sy ganti motrnya dgan yang baru..dengan harga rp6000.setelah di pasang mak..nyus..dvd langsung oke ..memang sering sekali dvd rusak pada motor ini di karnakan berat nya tugas memutar disk dengan kecepatan tinggi..lain hal nya dgan vcd yg hanya memerlukan putaran lambt maka dari spindelnya awet..moga pengalaman ku bermanfaat..trimaksh..

Kemarin sore dapat servisan tv sharp wonder dgan kerusakan protek tadi nya saya kira tv ini akan membuat otak saya ngebul he.he..karna tv sharp terkenal dgan sistem protek nya yg sangat di benci tukang servis.ambil peralatan tv langsung saya operasi ..lo mana mesin nya ha.ha.ternyata debu telah membalut mesin nya sampe engk keliatan komponenya..lalu saya bersh kan ternyata komponen2 disana ketika saya cek pisiknya mash pada oke begitu juga dgn solderan engk ada yang retak..tv ini menggunakan strG5653 dan memakai ic tunggal tda9381ps.ic partikal an5522 dan untk horizntl nya d2586. Ahirnya sebelum pengeckan berlanjut dgn tester andalan ku..aku coba nyalakan mesin tv tanpa memasangnya pada tabung..dan jos..s.ss terdengar semburan anoda flyback..la..kok engak protek lagi..trus saya pasang aja mesin pada tabung dan jreng tv oke dan engak protek lagi..jadi timbul pertanya di otak ku apa sebab nya apa debu tadi atau ada soket yang kendur..ah.h..h masa bodh lah yg penting beres dan bayaran he.he wah jadi cleaning servis bayaran jg ya..trimakash semoga pengalaman ku berguna engk smua protek mengerikan itu pesan ku..salam sukses..



INVERTER 12V DC KE 220V AC

Daftar alat: Trafo ct 5a Tr 2n3055 dua buah Resistor 1kohm dua buah. Rangkaian inverter di atas sangat sederhana dan dapat di rangkai dgn biaya yg cukup murah..rangkaian di atas dapat di gunakan untuk menaikan tegangan dari 12v dc ke 220v ac..dan dapat di gunakan untuk meng hidupkan lampu,tv,cd ..tergantu besar daya inverter nya. Besarnya daya yg di hasilkan inverter tergantung pada: Besarnya daya suplay 12v misalnya accu 60A,7A,5A. Ukuran trafo dan jumlah tr sangat mempengaruhi daya in verter untuk menambh daya maka tambah kan transistor dgn jenis yg sama. Pasang secara paralel..untuk trafo 5a dgn 12 transistor dapat menghasilkan 300watt lebih.untuk mengurangi panas pada tr pasang pada keping pendingn..dan pasang kapasitor ac2,5mf 400v pada tegangan outputnya untuk menghilangkan noise yg sangat menggangu apa bila invester di gunakan untuk mensuplay sound system.untuk membuat lampu emergency cukup gunakan trafo 1A dan 2 transistor seperti pada rangkaian di atas..mati lampu tak masalah....trimaksh moga bermanfaat



RANGKAIAN GUN CRT SEDERHANA.

Daftar alat..:relay 220v Capasitor AC 400V 25mf. Diatas adalah rangkaian restorer tabung crt yangsangat sederhana.hanya menggunakan dua komponen penting yaitu satu buah relay sebagai kontak pemindah jalur dan kapasitor sebagai penyimpan arus sementara. Prinsip kerjanya menggunakan tegangan atau arus AC.ketika relay dalam keadaan off maka kontak NC akan mengisi kapasitor..setelah relay di on kan maka relai akan memindahkan jalur kontak dan meng injeksikan arus ke crt..kelebihan rangkaian menggunakan arus Ac yaitu kita tidak perlu takut terbalik antara G dan K.tidak seperti gun crt pada umum nya yg menggunakan arus DC yg polaritas harus benar dan tak boleh terbalik. Cara pakai

Beri tegangan pada heater kurang lebh 6v ac atau dc.pasang kabel gun crt ke katoda dan grid yg hendak di restor..lalu beritegangan pada gun crt untuk mengisi kapasitor.tunggu beberapa saat kiranya capasitor telah penuh lalu on kan relay..beres deh.ulangi sampai tabung kembali normal. Untuk relay beri tegangan kerja tersendiri pasang switch untuk on off nya. Demikianlah semoga bermanfaat..amin



Tv akari ic1497mrd mati total

Tv ini benar2 menjengkelkan..maklu lah sudah dua kali ganti tr regulator..selalu jebol padahal beban ke horizontal sudah di lepas ketika tr di pasang dan cek sana sini seperti tr kecil,dioda,kapasitor,dan resistor di sekitar regulator.tv di on kan dan dus.s...s skrng langsung putus waduh...waduh apa lagi ini .dan saya cek tr nya ternyata jebol lagi...pengalaman sebelum nya perna seperti ini pada tv polytron yg menggunakan fs 7um.yg kerusakan nya pada resistor470 ohm pada regulator output r ini terhubung dgn koupler.setelah istirahat sejenak nongol dah inspirasi...semua komponen di regulator uda di cek semua.kecuali ic koupler..langsung aja saya ganti ..tv pun siap beraksilagi.dan byar..r tv langsung nyala tapi suara apa tu..meletek,pletek..eh ternyata flyback nya bocor..terlihat plyback pecah melintang..sepanjang 5cm dasar tv jadul gerutu ku...setelah pergantian plyback tv pun normal..trimakash semoga pengalaman ku bermanfaat..
mengukur komponen tanpa melepas dari pcb bagian dua

kalau pada artikel yg pertama mengukur menggunakan avo meter analog nah sekarang akan saya jelas kan dg menggunakan avometer digital. apa bila anda mempunyai avometer digtal(multi tester) maka akan lebh mudah lagi..di karnakan avo meter ini pada selector ohm meter.Apa bila di gunakan untuk mengukur dioda maka hasil akan nol(tidak terbaca) nah..Disinilah letak kelebihan nya ;apa bila kita gunakan untuk mengukur resistor langsung pada pcb hasil nya akurat dan tidak terpengaruh dengan komponen lain yg terhubung paralel terhadap resistor yg kita ukur. Apa bila hendak mengukur dioda maka gunakan selectr tersendiri yg di sediakan. Tentu cara nya sama tak usah di lepas terlebih dahulu.Ukur dgan cara di bolak balik.Untuk mengukur transistor sama seperti mengukur dioda.Karna pada dasarnya transistor terbentuk dari dua buah dioda. Nah...Gimana sekarang mari tinggal kan cara lama yg cuma buang buang waktu untuk melepas kompnen yg ternyata setelah di ukur tidak rusak.He.He.Analisa dulu baru bertindak..Jangan bertindak dulu baru analisa..Semoga bermanfaat amin.....
◄ Newer Post Older Post ►