Selasa, 30 Agustus 2011

Pengalaman bongkar Laptop pertama kali.


Awalnya dapet telpon dari temen kerja bapak, katanya laptop dia bermasalah dan keyboardnya ada sebagian yang gag fungsi. Atas dasar jiwa sok anak muda dan rasa penasaran yang tinggi maka diiyakan dan sanggupi untuk memerpbaiki. Namun setelah laptop ditangan sampe berhari-hari belum nemu juga cara bongkarnya. mungkin gara-gara umur tu laptop yang udah uzur. Ini dia spesifikasinya :
  • Tipe : Acer aspire 1202x

  • Processor : Intel Celeron 1.2 Ghz

  • Ram : 128 MB

  • Harddisk : 10GB

  • CD-ROM : DVD Combo



Setelah beberapa hari pencarian, ahirnya nemu sebuah titik cerah dari sebuah blog asing yang bahas cara bongkar laptop acer . Walau dengan tipe berbeda, namun beberapa langkah ternyata bisa diterepkan di acer 1202x. Berikut langkah demi langkahnya :

1. Bongkar bagian Kipas dan Processor .
Untuk membongkar bagian ini cukup membuka 3 baut di sisi belakang sehingga akan terbuka seperti gambar berikut:




setelah kondisinya seperti gambar di atas, tinggal lepas baut di sekitar kipas processor untuk kemudian dibersihkan.

2. Bongkar bagian CD-ROM.
Untuk bagian CD-ROM cuma butuh lepas 1 baut, untuk kemudian dorong ke luar.

3. Bongkar modul RAM
Pada gambar diatas sudah terlihat modul RAM yang terpasang. Untuk melepasnya hanya tinggal menarik pengait pada sisi kiri dan kanan.

4. Bongkar Hardisk.
Untuk membongkar hardisk cukup mudah juga, hanya tinggal melepas 2 baut pengait seperti yang terlihat pada gambar sebelumnya. Kemudian congkel pada bagian celah dengan kuku atau obeng pipih.


5. Bongkar keyboard.
Ini menurutku yang paling sulit dan ribet. Udah googling muter2, ternyata gag butuh sama sekali bongkar baut belakang, ternyata hanya perlu buka engsel bagian LCD dan congkel2 di dekat bagian atas keyboard.


congkel di bagian ini dengan obeng pipih
setelah terbuka akan seprti ini, dan tinggal lepas 4 baut di bagian atas papan keyboad lalu hati2 lepas kabel flexi di bagian bawah.

cuma problem belum SOLVED. keyboard masih belum fungsi dengan baik walaupun udah di bongkar dan dibersihkan kabel konekstornya. Entah apa yang terjadi.. Tapi setidaknya dapet pengalaman bongkar Laptop.. hehehee
◄ Newer Post Older Post ►