Senin, 22 Agustus 2011

MODIFIKASI POWER SUPPLY INTEL 20" DENGAN GACUN

Pasien dtng dg keluhan FBT bocor lalu matot. Ternyata str6707nya jebol. Berhubung jalur pcbnya dah pd kropos dan banyak jamperan, tak putuskan untuk menggunakan regulator baolingwei (sejenis gacun) dg hanya mencabut optocoupler dan perkiraan ni tv bakalan tdk bisa st-by. setelah tegangan B+ ok, fbt baru 154-177B pun di pasang. saat di on fbt langsu...ng bekerja....., tp kok layar blank gelap meski da dipencet P+ untuk menstart tv dan lampu led tetap on menandakan tv msh dalam keadaan st-by. setelah penelusuran pin on/of dr IC program ketemulah R 4,7K yg menghubungkan ke basis TR C2230. R tsb lalu dicabut, tv pun akhirnya mau start normal. Baru 5 menit lebih on si Gacun panasnya ndak ketulungan. Ada C 4,7nf/4kv di pin colector str yg di pasang pd gnd. C tsb sy cabut lalu tv pun di tes, hasilnya Gacunpun adem ayem walau lebih dari 1jam on. Setelah lebih dr 3jam tak perhatikan gmbr di tv agak gemericik seperti ada induksi listrik atau gangguan antena dan dr fbt terdengar suara berderik halus seperti bocor padahal semua tegangan normal. Wah...ndak beres nih. vonispun jatuh pada fbt yg mugkin kualitasnya krng baik. Ganti baru fbt hasilnya tetap saja begitu. Hmmm...Bag. horizontal pun tak luput di obok2, tetap tak membawa hasil. Kecurigaan pun kembali ke bag. primer regulator. Akhinyar sy pasang kembali C pada colektor str dan gnd tapi dengan nilai hanya 1nf/2kv. Hasilnya suara fbtpun sangat halus dan gambar tampak mulus tanpa gemericik sedikitpun sedangkan Gacun kondisinya tetap adem ayem. Wuiiih...lega rasanya...
Jadi intinya saya mendapat pelajaran bahwa Capasitor pda pin colector str/tr dan gnd  sangat penting dlm pengaplikasian Gacun. Jika nilainya terlalu besar Gacun cepat Panas dan dapat dipastikan tdk mungkin awet, sedang kalo kekecilan akan berpengaruh pada getaran frekwensi teg. pada output skunder yg dapat menyebabkan gangguan pada kualitas gambar.
Alhamdulillah....

Catatan: TV tidak bisa st-by, saat on tv langsung nyala dan ada raster tp tdk ada gambar/suara serta lampu led hidup. Setelah P+ atau power di rmt di tekan tv br start dg sebenarnya.
Semoga bermanfaat....
◄ Newer Post Older Post ►