Minggu, 17 Juli 2011

TV SHARP Alexander Pro gambar putih polos tanpa OSD



               Beberapa waktu yang lalu dapat panggilan servis tv di rumahnya Mbak Yeni desa Blaran kec.Barat,Magetan.TVnya merk SHARP jenis Alexander Pro dengan type 29PXR500,adapun keluhannya ketika tv di ON kan yang tertampil di layar hanya gambar putih polos tipis tanpa OSD.

               Pengecekan awal saya lakukan pada pin IK di IC851 = TDA6107AJF nya,karena tv ini menggunakan IC tersebut untuk driver RGBnya,dan saya dapati tegangan di pin IK normal saja,kemudian beralih ke pin-pin katoda RGBnya dan alangkah terkejutnya saya karena ternyata tegangan di masing-masing katodanya pada drop semua,hanya tinggal 37V saja.

               Kemudian saya cek fisik pada IC TDA6107AJF tersebut dengan menyentuh heatsinknya,ya ampuuuuun............la kok mung anyep njejet ngene yo? ternyata si TDA6107AJFnya telah wafat dan pergantian pemain pun di lakukan dengan type yang sama dan siap untuk di test,dan akhirnya m@k BYAAAAkk......gambar pun muncul dengan sempurnanya hehehehehe...!!!



               Saya kira akan terjadi pertarungan hebat dengan tv ini tapi ternyata kemriuk juga hasilnya hehehehe..........yaaaah...!!! mungkin memang lagi bejoku hehehehe.....yo Alhamdulillah! ,Oke buat rekan-rekan semua,semoga postingan kali bisa menambah wawasan dan pengetahuan sampean semua,sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya ya! salam SUKSES!




◄ Newer Post Older Post ►