Sabtu, 09 Juli 2011

MODUL UNIVERSAL MESIN CUCI 1 TABUN sanyo



Harga untuk sebuah Modul Electronic Control Mesin cuci 1 tabung bermerk SANYO ketika saya tanyakan ke Service Center sekitar RP 720 ribuan. Belum termasuk ongkos Servicenya, dengan garansi 1 bulan jika di pasang oleh teknisi dari SC tersebut Kalau kita beli dan di pasang sendiri, maka tidak ada garansi.
Setelah di sampaikan ke pemilik mesin cuci, dengan pertimbangan harga sebesar itu,akhirnya merasa keberatan juga.
Akhirnya saya tawarkan Modul pengganti Made in China, dengan harga dan biaya pasang jauh lebih murah dari Modul aslinya. Tapi sayapun tidak berani memberikan garansi untuk modul pengganti tersebut.
Dengan beberapa pertimbangan akhirnya pemilik mesin cuci tersebut memilih pilihan yang kedua.
Dan jadi juga di kerjakan.

Beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pemasangan Modul universal ini
- Perhatikan dengan seksama Wiring diagram dari Modul yang lama apakah kira kira bisa di aplikasikan dengan Modul Universal ini. Walaupun sejauh ini saya amati wiring diagram semua merk mesin cuci 1 tabung hampir sama dan bisa di ganti dengan Modul Universal.
- Buang Detector Water Level Switch yang lama ( aslinya ) dan ganti dengan Detector Water Level Switch bawaan dari Modul Universal. Perhatikan pemasangan jangan sampai terbalik. Karena jika terbalik modul tidak akan bisa bekerja.
- Perhatikan juga pemasangan koneksi Output dari motor jangan sampai terbalik juga. Karena jika terbalik pada saat beroperasi pada posisi SPIN atau mengeringkan tabung tidak akan berputar malah piringan pencucinya yang berputar.
- Jangan lupa konek pin bergambar Switch pada modul agar supply tegangan 220V ac bisa masuk ke modul.
- Pada panel switch controlnya usahakan tutup celah celah yang ada dengan menggunakan Silicone sealant agar tidak mudah kemasukan air, dan setelah terpasang lapisi dengan menggunakan plastic film yang biasa di gunakan untuk melapis kaca mobil atau lis sepeda motor.
Kiranya itu saja yang dapat saya sampaikan . Silahkan mencoba jika anda mendapatkan kerusakan pada Modul mesin cuci 1 tabung,dan dirasa harganya terlalu mahal.
Sebagai tambahan, tidak semua merk mesin cuci modulnya mahal harganya. Tetapi rata rata pasti di atas 400 ribu.
◄ Newer Post Older Post ►