Minggu, 03 Juli 2011

Mesin Cuci Toshiba AW-7460W Tidak Bisa Mengeringkan


 
Beberapa hari yang lalu tetangga minta tolong untuk mengecek mesin cuci. Keluhannya tidak bisa untuk mengeringkan (Spin). Kalau mencuci katanya masih bisa. Analisa sementara paling kabelnya putus digigit tikus. Kabel putus digigit tikus paling sering terjadi pada problem mesin cuci. Ketika dicek mesin cuci yang digunakan merek Thosiba AW-7460W.
Mesin cuci Toshiba AW-7460W merupakan mesin cuci yang menggunakan satu motor untuk proses pencucian dan pengeringan. Mesin cuci ini sudah menggunakan system control digital dalam pengoperasian.

 
 
Setelah mempelajari wiring diagram dari mesin cuci ini kecurigaan muncul pada switch pengaman yang dikendalikan oleh penutup mesin cuci. Switch ini fungsinya sebagai pengaman ketika proses pengeringan. Ketika sedang terjadi proses pengeringan motor akan berputar dengan cepat seingga cukup berbahaya kalau penutup terbuka. Maka oleh produsen mesin cuci dipasang switch pengaman. Jika penutup terbuka akan mengendalikan switch sehingga motor langsung off.

Switch coba di jumper (hubungkan). Coba lakukan proses pengeringan, gruduk2….. motor berputar. Ternyata problemnya pada switch pengaman. Switch pengaman sudah tidak berfungsi. Lepas switch dari dudukannya.

Ternyata mata-mata konektor pada switch sudah gosong, pantas saja tidak berfungsi. Konfirmasi kepada yang punya mau ganti switch, diakalin atau dijumper. Kalau diakalin bisa dengan cara mata-mata konektor switch diamplas supaya bersih, tapi biasanya tidak tahan lama. Kalau dijumper tidak ada system pengaman, walau penutup dibuka ketika proses pengeringan motor akan terus berputar, off mesin hanya bisa lewat tombol power.

Akhirnya yang punya pilih option kedua yaitu diakalin. Setelah diamplas sampai bersih switch dipasang kembali pada dudukannya. Coba tes, motor berputar proses pengeringan berjalan. Finish dech
◄ Newer Post Older Post ►