Sabtu, 18 Juni 2011

Tips Menstabilkan Koneksi Internet

Postingan ini saya buat bagi para pengguna internet modem GSM/CDMA di Indonesia. Seperti yang kita tahu koneksi menggunakan jaringan selular ini kurang stabil, terutama di Indonesia. Ini adalah fakta yang tidak menyenangkan karena saya juga menghadapi masalah yang sama dengan Telkomnet Flexi saya. Sering sekali terjadi Request Timed Out atau yang paling parah sinyal melemah kemudian koneksi terputus. Telkomflexi saya juga diklaim mampu mencapai kecepatan hingga 156 kbps yang, pada kenyataannya jarang terjadi di daerah saya.

Gejala lain yang terlihat semenjak saya menggunakan modem CDMA untuk berinternet adalah proses download yang berkecepatan penuh dengan bantuan IDM, Orbit, maupun downloader lainnya, beda sekali dengan saat kita browsing di internet. (tolong bedakan download dengan browsing)

Penyebab dari berbagai gejala ini adalah PING time ke server lambat. Saat kita browsing, dan kemudian berhenti untuk membaca isi halaman web tersebut, sebenarnya koneksi kita ke server 'dianaktirikan' atau 'diabaikan' oleh server, sehingga ketika kita tiba-tiba minta lanjut ke halaman berikutnya, waktu loading menjadi lambat. Kelambatan ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, tetapi yang paling utama adalah ketidaksiapan server untuk menanggapi request kita yang tiba-tiba ketika kita browsing, kelambatan ini diukur dengan waktu PING. Sementara waktu kita download, downloader kita akan terus-menerus meminta data dari server ISP kita sehingga server akan terus memperhatikan client kita. Itulah sebabnya, saat kita mendownload kecepatan bisa cukup maksimal.


Penyelesaian
Ide penyelesaiannya adalah membuat server (penyedia akses internet atau ISP kita) terus memperhatikan kita (client) dengan menggunakan perintah PING yang akan mengirim dan mengembalikan paket berukuran kecil dari dan ke komputer kita.
  1. Buka konsole (Start-Run- ketik cmd
  2. Ketik : ipconfig /all lalu enter
  3. Anda akan mendapatkan hasil seperti ini, cari bagian DNS Servers (bertanda merah)  dalam kasus ini saya ambil 202.134.1.10 (hasil berbeda-beda tergantung ISP anda)
    4.  Ambil salah satu, terserah. Lalu masukkan perintah ini (kasus saya : ping 202.134.1.10 -t)
    5.  Sistem akan terus-menerus mem-PING ke IP tersebut, sampai anda tekan Ctrl-C
Sebenarnya cara ini berlaku universal, semua jenis koneksi (Speedy, Telkomnet Instan, Telkom Flash, Mobi, ESIA, dll )dan OS (Windows/Linux)  bisa melakukannya dengan perintah PING di konsole.
Ping itu sendiri tidak harus melulu ke DNS Servers, bisa menuju ke Google, atau situs-situs terdekat lainnya. Yang penting server akan terus memperhatikan kita. Tapi hati-hati situs yang dituju tidak boleh terlalu jauh, jika tidak hasilnnya hanya akan Timed Out. Untuk ping ke Google perintahnya : ping google.com -t.

Terkahir, rasakan hasilnya saat anda browsing. Semua permintaan anda akan langsung dijawab server (responsif), tidak ada lagi Request Timed Out, tidak ada lagi loading-loading gagal atau setengah berhasil, dan terpenting kita tidak perlu menunggu lama.
◄ Newer Post Older Post ►