Jumat, 17 Juni 2011

Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

Dijaman serba mahal kayaknya perlu juga ya membuat penghematan di segala bidang....

Berikut mari kita coba bahas tentang pemanfaatan sumber daya alam yang berlimpah dan gratis yaitu Sinar Matahari.

Di Indonesia yang beriklim tropis tentunya sangat menguntungkan dimana sinar Matahari bersinar dengan terangnya rata-rata 8 jam sehari (CMIIW).

Nah oleh karena itu saya ingin mengajak pengunjung untuk mencoba mengembangkan, serta mendiskusikan suatu rangkaian percobaan pembangkit listrik Tenaga Matahari yang mudah murah (Solar Charger REV 1)

Berikut rangkaiannya
Cara Kerja Rangkaian:
Sinar Matahari diterima oleh panel surya kemudian diolah menjadi tenaga listrik, namun tenaga listrik yang dihasilkan dari setiap panel nya masih terlalu kecil dimana dengan 8 Cell Panel yang dirangkai secara seri hanya mampu mrnghasilkan tegangan kurang lebih 4 Volt dengan arus 200 mA.
nah oleh karena itu diperlukan suatu rangkaian elektronik untuk meningkatkan tegangan dan arus yang cukup untuk dijadikan sebagai Charger Baterai.
Rangakain Elektronik bertindak sebagai rangkaian Inverter DC ke DC (DC to DC Inverter), yang dibangun oleh 2 buah Capacitor, 1 Resistor, 1 Transistor, 1 Dioda, dan sebuah kumparan yang merupakan titik keberhasilan pembuatan rangkaian ini.

Rangkaian dibangun dengan system oscilator tunggal (BLOCKING OSCILLATOR) yang dibangun oleh transistor dan sebuah kumparan dimana pada lilitan primer berjumlah 45 lilitan dan 15 lilitan di sekunder sebagai umpan balik untuk memberikan tegangan di basis transistor otput dari lilitan primer di hubungkan dengan dioda dan di pakai untuk pengisian Baterai.

Bila rangkaian ini digabungkan dengan Lampu Neon Darurat maka tentunya akan mendapatkan tegangan yang cukup untuk penerangan di malam hari secara gratis. karena pada siang hari nya accu di charge oleh matahari.


Daftar Komponen
  • 8 cell panel surya 0.5v 200 mA (banyak dijual di toko-toko elektronik) atau kalau mau bongkar aja kalkulator babeh ente ambil solar panelnya ( Grin)
  • Capacitor 100 uF
  • Capacitor 10 uF
  • Transistor TIP 31 atau yang sejenis kalau supaya lebih awet pake yang model jengkol (istilah tukang sound system)
  • Resistor 1 K
  • Dioda BY 207 atau yang sejenis banyak dipakai di rangkaian Power Supply bilang aja ke toko beli dioda yang 5 Ampere.
  • Accu Motor.
  • Kurang lebih 3 meter kawat email diameter 0.25 mm.
  • Batang Ferite yang biasa di pakai di radio-radio am. (lihat gambarnya di lampu neon darurat).

Selamat Mencoba.
Lain waktu akan saya coba untuk menyempurnakan prototype ini dengan gabungan DC to AC Inverter
yang minimal bisa menghasilkan Listrik 220V 1KVA. kalu berhasil lumayan bye-bye PLN. 
ok bagi yang mo nyumbang ide mangga di antos ku sim kuring.
◄ Newer Post Older Post ►