Senin, 06 Juni 2011

DVD MAXTRON



M-PEG DVD MAXTRON dan VITRON bahkan GMC adalah sangat mirip, biasa menggunakan chipset sunplus atau MT.Maka dari itu segala keluhan kerusakan kedua merek tersebut adalah hampir sama.
Disini saya membahas tentang kerusakan “BLANK” pada DVD MAXTRON model 83000-5 dan MAXTRON 683,hanya lampu asessoris yang menyala,lainnya matot ( mati total).
Semua keluaran tegangan dari unit power supply adalah normal hinnga menuju ke IC chipset ( sunplus).
Pertama saya solder ulang di sekitar kaki-kaki chipset,ternyata lcd dapat dapat tampil,open close pun berjalan normal,tapi setelah kira-kira 2 menit, M-peg manjadi hang ( tak berfungsi total) dan suhu chipset mendadak meningkat suhunya (panas).Optik pun tak pernah bisa membaca (reading).
Seperti pada kebanyakan kasus yang terjadi terhadap saudaranya (vitron).segera saya periksa jalur tegangan 3,3volt untuk chipset,walhasil ,ternyata dua buah dioda IN4007 dan satu transistor S8550 sangat panas dan menyebabkan drop pada jalur ini.
Segera saya mengganti ke empat komponen tersebut ( dua IN4007 dan dua TR S8550) beserta elco 220uF/16V dan 10uF/16V.Meskipun jika di ukur terlihat normal.
Kenapa demikian ,karena beban yang berat bagi kedua Transistor dan dioda tersebut menyebabkan suhu komponen menjadi naik,walhasil arus bocor dari pada kedua semiconductor tersebut meningkat pula ( mendekati titik batas maksimum break voltage semiconductor).
Setelahnyapergantian tersebut, terlihat optik berjalan dengan normal .
Tidak hanya sampai disitu ,setelah sekitar 10 menit berjalan ,kembali saya cek semua kondisi rangkaian,masih ada masalah;yaitu dua buah elco 220/35V di power supply ikut meningkat suhunya.Elco ini ada di jalur keluaran -+ 12Volt pada blok power supply.
Pergantian dua elco terakhir adalah proses terakhir dalam mereparasi kasus DVD MAXTRON ini.
◄ Newer Post Older Post ►