Kamis, 26 Mei 2011

TRIK CEPAT MEMPERBAIKI TELEVISI LAYAR CRT 2



  1. Cabut / sedot dahulu solderan B+ pada kaki flyback yang ada hubungannya dengan elco B+ 160V agar tidak terbeban oleh flyback dalam memperbaiki power supply. Apabila tidak dilepas solderannya juga tidak apa-apa, flyback tidak akan menyemprotkan tegangan sela transistor panel horizontal belum  terpasang. Namun hal tersebut penting juga, karena apa ? Untuk mengetahui kaki B+ flyback tersebut konslet atau tidak. Jika konslet maka tegangan B+  dari power supply akan mati setelah dihubungkan dengan kaki B+ flyback. Maka secara langsung anda mengetahui bahwa flyback sudah konslet.
  2. Apabila tegangan B+ belum keluar, maka langkah selanjutnya mengukur komponen aktif dahulu, seperti transistor {Tr}, semua dikuru satu persatu, jika menemukan ada yang rusak maka gantilah yang baru
  3. Langkah ke-tiga, jika B+ powersupply belum keluar juga tetapi transistor semua nomal, maka cek dioda Zener 110V. Dioda Zener tersebut bentuknya besar, seperti dioda 3A. Nah biasanya zener ini putus, karena dioda ini adalah zener pembatas B+ 110 VDC.
  4. Langkah ke-empat, misalnya B+ belum keluar juga padahal komponen aktif seperti transistor dan dioda semua sudah dicek normal. Maka cek Resistor, biasanya R yang menuju Basis Transistor Panel power supply dari elko 400V putus, nilainya 100k-150k ada 2 buah maka ganti kedua resistornya.
  5. Pada power supply televisi untuk panelnya / transistor outpout tidak semua memakai transistor, ada yang memakai STR atau SMR.STR adalah IC (Integrated Circuit) tapi di dalamnya juga transistor 2 buah dan ada resistor. Jika STR ini rusak maka R di sekitar biasanya rusak, putus atau molor. Kalau kita mengganti STR, maka sekalian R nya diganti agar kerja STR sempurna. Nah jika televisi dihidupkan langsung listrik konslet atau hubungan arus pendek maka power supply pasti rusak. Bisa STR konslet atau Transistor panelnya rusak / konslet atau dari dioda bridgenya konslet, bisa juga kapasitor milar 400 V konslet.
  6. Jika tegangan sekunder sudah ada, lalu anda ukur dan atur trimpot B+ tegangan rata-rata 110-115 VD. Dan ukurlah tegangan keluaran B+ yang lain sesuai standart.
  7. Syarat agar mesin televisi bisa hidup harus ada tegangan power supply, osilator horizontal, driver horiz, output horiz, B+ vertikal dan output vertikal lalu tegangan heater, tegangan screen (G2), teg videooutput dan tegangan RGB. Diantara bagian-bagian tersebut peran paling penting adalah bagian power supply dan horizontal. Kedua bagian ini adalah ibarat orang jantungnya, harus hidup duluan nanti baru yang lainnya. Berapa saja tegangan diantara bagian-bagian tersebut…
◄ Newer Post Older Post ►