Sabtu, 09 April 2011

Ponsel Motorola C651 buat modem GPRS


Ponsel Motorola C651 adalah saudaranya C650, pada tahun 2004-2005 lalu cukup trendy sesuai zamannya, tetapi sekarang di tahun 2011 sudah jadi malu-maluin penggunanya. Sebutan 'alat mbalang kirik' (=alat lempar anjing) sudah disematkan banyak orang. Tetapi di balik kekurangannya itu ternyata punya kelebihan yang jarang tandingannya, yaitu untuk modem GPRS.
Kalau kita masih punya ponsel seri tsb sayang sekali kalau tak memanfaatkan fitur ini. Daripada dibuang atau untuk melempar kirik lebih baik dihubungkan dengan komputer bisa menjadi jendela dunia. Kabel penghubung ke komputer memakai kabel mini USB yang bentuknya sama dengan kabel data pada CardReader ataupun MP3Player, karena itu tak perlu susah mendapatkannya, soal kabel bisa sharing.
Untuk menggunakannya sebagai modem di Windows kita perlu menginstall drivernya, bisa hanya file drivernya saja atau lengkap dengan aplikasi Motorola Phone Tools. Sedang di sistem linux sudah tersedia drivernya di kernel 3.6 , jadi tinggal disetting dan dipakai ( biasanya terdeteksi di /dev/ttyACM0 ).
Karena bekerjanya di jalur GPRS yang notabene tarif koneksinya lebih mahal (dan juga lebih lambat) maka menurut saya akan lebih cocok kalau internetannya pakai browser yang hemat, yaitu Opera Mini yang diinstall di sistem linux. Alasannya, dengan kecepatan GPRS yang rendah itu Opera Mini sudah bisa wuss..wuss..., juga umumnya virus tak doyan sistem linux, karenanya koneksi tak diganggu virus-virus liar yang 'mencuri' pulsa. Dari pengalaman saya kalau pakai Windows suka ada kejadian kirim terima data secara liar tanpa sekehendak pengguna, tahu-tahu baru dapat sedikit quota sudah habis, ternyata Windowsnya 'kampiran makhluk halus' berupa virus komputer yang nimbrung berinternet ria, kalau AntiVirusnya diaktifkan malah quotanya dihabiskan si AntiVirus buat update. Sedang kalau pakai linux biasanya utuh, beli quota 1MB ya jumlah download dan uploadnya bisa pas segitu tanpa kebobolan. Kelebihannya lagi, pakai kabel data yang panjang pun masih bisa bekerja dengan baik, saya mencobanya dengan menggantungkannya di jendela agar sinyalnya full dan menyambung kabel datanya hingga 7m ke tempat komputer, hasilnya masih bekerja dengan baik.
◄ Newer Post Older Post ►