Sabtu, 23 April 2011

Melihat Proses Pembuatan DVD

Apa Itu DVD?
  

DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.

Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink. 


Proses Pembuatan DVD


Nah sekarang mari kita lihat proses pembuatan keping DVD nya! Kita lihat proses pembuatannya di pabrik LaserMaster yang terletak di Kazakhstan.
 
Setiap orang yang mau masuk ke dalam pabriknya harus diperiksa, tujuannya untuk mencegah pembajakan dan menyelamatkan kekayaan intelektual dari kemungkinan kebocoran data ke luar pabrik untuk dibajak .
 

 
cakram optiknya terbuat dari bahan dasar polikarbonat.
 
  
 
seperti inilah bentuk polikarbonat.
 
 
 
pertama, butiran-butiran polikarbonat dimasukkan ke dalam mesin pengering, sampai benar benar kering.
 
  
 
setelah dikeringkan butiran polikarbonat dimasukkan ke dalam mesin pemanas, butirannya dilelehkan terlebih dahulu sampai berbentuk cair.
 
 
  
ini adalah mesin pencetak cakram DVD, didalamnya terdapat sebuah stamper.
 
 
ini yang namanya stamper atau bisa juga disebut matrix, pelat logam ini berisi data data film yang akan dicetak dalam bentuk cakram.
 
 
 
butiran polikarbonat yang sudah dilelehkan dengan suhu 250 derajat celcius, langsung disuntikkan ke dalam mesin pencetak, sampai membentuk cakram DVD, data data yang ada di stamper juga langsung tersimpan di dalam cakram tersebut.

 
 
pada proses ini, semuanya otomatis dilakukan oleh mesin, manusia hanya mengawasinya saja.
 
 
setiap satu kali proses pencetakkan, menghasilkan 30 keping DVD, kemudian cakram DVD yang sudah jadi akan dibawa ke proses selanjutnya menggunakan konveyor.
 
 
 
kemudian cakram-cakram dimasukkan ke dalam ruang pedingin, cakram DVD didinginkan suhunya hanya mencapai 20-25 derajat celcius (suhu kamar).
 
 
  
 
kemudian salah satu sisi cakram ditutupi oleh lapisan khusus (proses metalisasi) agar salah satu sisinya mengkilap/memantulkan cahaya, ini bertujuan agar sensor laser di DVD player dapat membaca data-data yang terdapat di dalam keping DVD, tanpa bagian yang mengkilap, sensor laser tidak akan bisa membaca data-datanya.
 
 
 
lalu bagian yang tidak mengkilap direkatkan lagi sebuah lapisan DVD diatasnya dengan lem, perlu anda ketahui, keping DVD itu terdiri dari dua lapisan, sedangkan keping CD itu hanya satu lapisan.
 
 
 
ini belum jadi, masih ada proses selanjutnya.
 
 
 
kemudian cakram DVD diuji kualitasnya, bisa dilihat, yang diuji 40 disk, yang berkulitas baik 39 disk, berkualitas buruk 1 disk. Pabrik ini selama satu bulan bisa menghasilkan 300.000 keping DVD.
 
 
 
dan keping DVD pun dicetak sesuai dengan filmnya.
 
 
 
operator printer hanya mengawasi cara kerjanya saja, karena yang mencetaknya mesin.
 
 
 
sesudah dicetak, keping-keping DVD disimpan di dalam gudang sementara, disimpan sesuai dengan urutan abjad judul filmnya.
 
 
 
setiap keping ditempelkan label berhologram, ini menunjukkan kalau keping tersebut asli, bukan bajakan.
 
 
 
kemudian keping-keping DVD dimasukkan ke dalam tempat, secara manual, tetapi mereka mengerjakannya dengan sangat cepat.
 
 
 
setelah itu tempatnya dilapisi dengan plastik, agar tidak kotor.
 
 
 
dan dimasukkan ke dalam kardus untuk didistribusikan ke berbagai tempat.


 
dimasukkan ke dalam kendaraan, untuk dikirim ke toko-toko kaset.

 
dan dijual ke konsumen-konsumen.
◄ Newer Post Older Post ►