Minggu, 17 April 2011

CARA MENGETAHUI DAN MEMPERBAIKI ADANYA DEAD PIXEL PADA MONITOR LCD


Dead pixel merupakan sebuah kerusakan pada titik-titik monitor LCD. Kerusakan tersebut bisa berupa titik yang mati maupun menyala yang tidak normal (bisa lebih terang maupun lebih redup). Masalah dead pixel pada LCD tidak akan menjadi buruk jika jumlahnya masih dibawah toleransi, misal maksimal 5, tetapi jika sudah melewati batas kewajaran, maka keberadaan dead pixel akan menjadi sebuah hal yang tidak diinginkan, karena semakin banyak dead pixel, semakin kelihatan pula efeknya, dan tentunya bisa menggangu kerja kita. Terus bagaimana cara mengetahui adanya dead pixel dan bagaimana cara mengatasinya ? berikut tutorialnya.a

Mengetahui/Mengecek adanya Dead Pixel

Sebenarnya cara untuk mengecek adanya Dead pixel pada lcd monitor cukup mudah, terkadang dengan hanya melihat sekilas saja kitapun dapat langsung melihat dead pixel tersebut di layar monitor. Atau bisa juga dengan cara membuat sebuah gambar yang penuh pada satu layar LCD monitor kita dengan menggunakan satu warna saja, misalnya kita dapat menggunakan warna hitam ataupun putih. Dengan cara ini jika ada suatu dead pixel yang ada di monitor LCD akan dapat terlihat jelas.

Apabila mau menggunakan sebuah software bantuan, kita dapat menggunakan sebuah software gratis yaitu PixelRepairer (bisa didownload di http://strony.toya.net.pl/%7Eawulkiew/?page=pixelrepairer〈=en). Software ini memiliki fitur yang dapat bermanfaat untuk pengecekan dead pixel, fitur-fitur tersebut adalah:

1. Software ini dapat membantu kita untuk menemukan dead pixel pada LCD monitor.

2. Software ini dapat juga membantu memperbaiki dead pixel pada LCD monitor kita.

3. Untuk melakukan Perbaikan dead pixel pada LCD monitor dapat dijalankan namun tanpa mengharuskan kita untuk berhenti bekerja dengan komputer.

4. Software ini tidak membutuhkan sebuah installasi atau disebut juga portable.

5. Software inipun dapat menghandle berbagai jenis monitor yang sedang terpasang pada komputer

Mencari Dead Pixel

Nah, sekarng cara untuk dapat menemukan adanya suatu dead pixel yang ada pada Monitor kita dengan software ini, silahkan ikuti step-by-step nya di bawah ini :

1. Kita Bersihkan monitor kita terlebih dahulu
2. Kemudian kita Jalankan software PixelRepairer
3. Apabila tombol search belum diaktifkan, silahkan kita aktifkan terlebih dahulu dengan mengklik tombol Search, letaknya berada pada gambar loop yang ada disebelah kiri paling atas
4. Apabila ada monitor yang terkoneksi ingin kita cek lebih dari satu, maka pilihlah salah satu monitornya.
5. Kemudian kita pilih sebuah warna yang ada pada daftar warna (Pattern)
6. Kemudian kita Klik Enable, selanjutnya nanti tampilan monitor akan berubah menjadi satu warna/ satu pola.
7. Pada langkah ke tujuh ini silahkan periksa layar monitor, apabila ada titik/pixel yang terlihat memiliki warna yang selain warna yang telah dipilih sebelumnya, hal ini berarti dapat kita simpulkan bahwa ada dead pixel di monitor kita.
8. Dan Untuk exit, silahkan klik ESC

Apabila dead pixel sudah kita temukan maka kita harus mengingat posisinya sehingga kita dapat melakukan langkah perbaikan seperti di bawah ini.

Perbaikan Dead Pixel

Sewaktu ditemukan dead pixel pada monitor kita, kita bisa mencoba untuk melakukan sebuah perbaikan dead pixel yang pastinya dengan menggunakan software yang tadi saya sebutkan diatas. Untuk memperbaiki dead pixel dapat mengikuti langkah berikut ( langkah yang akan dijalankan berikut ini dapat dijalankan apabila langkah untuk Mencari Dead Pixel yang sebelumnya telah kita jalankan dan juga apabila dead pixel pada monitor kita sudah kita ketahui lokasinya):

1. Kita jalankan terlebih dahulu PixelRepairer
2. Kemudian kita pilih tombol Repair.
3. Kemudian kita Tambahkan area perbaikan, untuk melakukan penambahan area perbaikan dapat kita lakukan dengan cara klik tombol Add, sehingga nantinya akan sebuah muncul kotak kecil, kotak kecil yang muncul tersebut kita sebut juga dengan “Repairer”. Ukuran kotak kecil ini dapat kita sesuaikan, dapat kita sesuaikan dengan cara menggeser opsi size yang terletak pada bagian bawahnya.
4. Kita Drag atau kita geser sebuah kotak kecil tadi (Repairer) pada posisi dimana telah terdapat sebuah dead pixel
5. Kemudian kita Pilih mode operasi yang ada: noise atau solid. Apabila noise tidak dapat berhasil, maka silahkan coba lagi dengan memilih opsi yang solid.
6. Kemudian kita pilih ukuran perbaikan, ukuran perbaikan harus mencakup semua area yang ada dead pixel nya.
7. Kemudian kita lakukan Set Frequency yang sama dengan frekuensi yang ada pada monitor. apabila tidak diubah, maka biasanya ukuran frekuensinya 60Hz.
8. Apabila Dead pixel nya terletak pada beberapa tempat, maka kita dapat melakukan tambahan Area “Repairer” yang lainnya.
9. Kemudian kita Minimize saja window software tersebut.
10. Silahkan kita Tunggu saja sekitar kurang lebih satu jam. Dan ketika proses perbaikan dead pixe sedang berlangsung kita masih Bisa sambil bekerja menggunakan komputer kita seperti biasanya.

Kadang-kadang masalah kerusakan dead pixel ini adalah bersifat permanen, mungkin kerusakan dead pixel ini sudah cukup parah jadi kerusakan ini tidak dapat di tangani lagi. Software untuk memperbaiki dead pixel inipun tidak dapat menjamin akan bisa berhasil 100%. Software ini Selain dapat kita gunakan untuk memperbaiki monitor LCD, software ini dapat juga kita manfaatkan untuk memperbaiki dead pixel pada Plasma TV Pixel. Software untuk memperbaiki dead pixel ini hanya dapat berjalan pada sistem operasi Windows, dan lisensi dari software ini adalah gratis atau disebut juga Freeware. Download PixelRepairer_2.0.0.zip (754 KB) atau versi 7zip PixelRepairer_2.0.0.7z (560 KB)
◄ Newer Post Older Post ►