Minggu, 20 Maret 2011

TIPS CEPAT MENGATASI TV SHARP WONDER PROTEC

Dalam mengatasi kasus ini yang pertama kali dilakukan mengecek tegangan VCC pada IC utama seri TDA 938PSxxx yang berkisar 3.3V.Bila tegangan tidak ada 3,3v ada kemungkinan IC MCU konslet atau trouble rangkaian power suplay.Untuk mengecek Ic utama tersebut konslet atau tidak ,IC dilepas kemudian dicek antara kaki no 9,56,57dan 61 tidak boleh saling hubung.Apabila antara kaki tersebut ada yang terhubung menandakan IC tersebut konslet.Selain itu untuk mengetahui IC tersebut bagus ndak ,IC dalam keadaan terpasang TV kita nyalakan apabila lampu pilot nyala merah langsung mati menadakan IC tersebut rusak(dengan catatan supply tegangan 3,3v normal).Jika lampu pilot nyala merah ke hijau dan berhenti kuning menandakan kerusan pada IC memorynya. Check Data Memory Map / Data Epromnya sesuai atau tidak dengan perintah data yang diperlukan sebab ini berpengaruh besar untuk kerja Horizontal Block.Dan bisa jadi IC memory rusak.
Catatan: protect Kedip di led indikator cek data memory sesuaikan dengan factory data dan cek jalur SDA / SCL( tegangan jangan kurang dari 3 Volt). Kalau Indikator Led Protect keadaan tanpa kedip kerusakan ada di hardwarenya.
Bila tidak ada trobel pada IC memory dan IC utamanya J233 kita lepas.Dengan melepas J223 kita lebih mudah mencari penyebab protecnya. Penyebab protek tersebut kebanyakan disebabkan terjadi kerusakan pada rangkain vertical atau horizontal/flaybacknya, dan bisa juga tegangan yang menyuplay pada rangkaian tersebut tidak normal.
Selamat mencoba..!!
◄ Newer Post Older Post ►