Selasa, 01 Maret 2011

Port USB netbook

Sebulan terakhir ini saya mengamati kelakuan port USB netbook yang saya pakai, Advan P1N-46125. Ada perbedaan yang sangat nyata dengan kelakuan port USB pada PC:

Jumlah port USB ada 3 buah, jika ketiganya dipakai sekaligus, misalnya USB1 untuk mouse, USB2 untuk modem, USB3 untuk drive CDROM eksternal, maka salah satu port menjadi "menghilang" dari sistem, misalnya mounting CD menjadi mendadak lenyap, atau mouse menjadi tidak berfungsi (biasanya ditandai lampu mouse mati).
Jika 2 port USB yang dipakai, misalnya untuk internetan, satu port USB untuk modem, satu port USB untuk mouse, akan berakibat kecepatan internet modem turun drastis, bisa sampai seperlima dari yang seharusnya !

Dari pengalaman itu saya berkesimpulan bahwa memang kemampuan netbook tidaklah seperti PC. Jika ingin menggunakan port USB dengan performa maksimal gunakan satu port di satu waktu (jangan bersamaan). Jika ingin internetan pakai modem USB yang ngambil daya dari komputer maka pada saat itu jangan pakai mouse USB, (pakai touchpad-nya saja). Modem USB yang punya batre sendiri lebih cocok, misalnya modem ponsel.
◄ Newer Post Older Post ►