Senin, 07 Maret 2011

Membersihkan debu di dalam TV

Saat menyervis TV biasanya kita dapati di dalam TV tersebut keadaannya kotor berdebu, bahkan tak jarang penuh sarang laba-laba, lebih parah lagi kadang-kadang ada kotoran tikus atau bahkan sarang tikus di dalamnya. Untuk membersihkannya:

  1. Jika tak ada unsur kotoran tikus, artinya hanya debu dan sarang laba-laba, kita dapat menggunakan kuas kecil dan hairdryer. Caranya tiup debu tersebut dengan udara panas hairdryer sambil disapu pakai kuas, ukuran kuas yang ideal bagi saya adalah 1 inchi. Ada baiknya kita pakai masker untuk menjaga kesehatan pernafasan kita dari debu yang beterbangan.
  2. Jika ada kotoran tikus, lebih-lebih sudah bau pesing, kita dapat mencucinya pakai air dan disikat pakai kuas. Deterjen mungkin diperlukan, tetapi saya punya pengalaman yang bisa jadi pelajaran, setelah beberapa tahun sejak dicuci pakai deterjen mesin TV bisa jadi keropos, mungkin dulu saya kurang bersih membilasnya.
  3. Bagian-bagian tertentu mungkin lebih baik dibersihkan dengan bensin, misalnya kabel tegangan tinggi, caranya pakai kain serbet dibasahi bensin lalu gunakan untuk mengelap.
◄ Newer Post Older Post ►