Selasa, 22 Maret 2011

Kop flyback dan socket CRT menjadi bom waktu

Kop flyback dan socket CRT yang ada sekarang di pasaran ternyata bisa menjadi 'bom waktu', bisa menjadi penyebab kerusakan besar di kemudian hari. Saya sudah menjumpai beberapa kali kasus TV rusak berat yang disebabkan oleh kop flyback dan socket CRT.

Kop flyback yang banyak dijual di pasaran kebanyakan berkualitas rendah, karet kopnya kurang bagus dan kurang awet, terutama yang berwarna hitam, juga logamnya yang berupa kawat atau plat besi sangat mudah berkarat. Jika daya kop karet sudah kendur tegangan tingginya akan bocor ditandai dengan suara ngeses. Jika logamnya sudah berkarat gejalanya juga sama, ngeses, lama-lama membesar dan akhirnya letupan di sekitar kop terjadi. Keadaan ngeses jika dibiarkan membuat CRT di bawah kop terluka, lebih-lebih jika terjadi letupan yang hebat, lukanya bisa meretakkan tabung gambar, inilah 'bom waktu' yang diakibatkan rendahnya kualitas kop flyback. Tabung gambar (CRT) pun almarhum karenanya.

Socket CRT juga tak kalah serem. Logamnya yang mudah berkarat membuat gambar TV kabur. Jika dibiarkan karat menjalar ke kawat pin elektroda CRT. Saya sudah menjumpai beberapa pin fokus CRT keropos berkarat, beruntung jika belum putus. Tetapi ada juga TV 21" dan 29" yang gambarnya kabur, saat socket CRTnya dilepas pin elektrodanya sudah ngikut socket. Ya sudah, service yang terlambat, CRT tak tertolong lagi, innalillahi wainnailaihi roji'un.

Terakhir melihat hal serem adalah kemarin, sebuah TV yang mati karena sekringnya putus, merk luar Digitec, tapi mesinnya sudah diganti mesin TV China. Yang bikin saya ngeri adalah socket CRTnya, nampak meleleh bagaikan lem menyatu dengan ujung leher CRT. Memang gambar normal, tetapi jika ingin melepas socket CRTnya mau bagaimana coba? Kalau pakai cara biasa mungkin bisa bikin CRTnya nggembos! Tidak hanya logamnya yang mudah karatan, tapi plastiknya juga mudah meleleh terkena panas heater! Mudah-mudahan kelak kalau TVnya perlu ganti socket CRT bukan saya yang disuruh, hii.......... syeremmm....!

Saran buat para pemilik TV, terutama TV China, atau TV yang sudah pernah diganti kop flyback atau socket CRTnya. Jika TVnya sudah mulai ada gejala 'ngeses' atau gambar kabur segeralah diservice karena Anda sedang berlomba waktu dengan karat.

◄ Newer Post Older Post ►