Senin, 28 Maret 2011

Jumper Clear CMOS motherboard komputer

Jumper CMOS biasanya terletak di dekat Baterai CMOS. Biasanya terdapat 3 pin pada jumper ini. Fungsinya adalah untuk menyimpan dan me-reset CMOS ke posisi default (setting awal / setting pabrik).

Biasanya pin 1 dan 2 bila dihubungkan dengan sebuah Jumper maka CMOS pada posisi normal akan menyimpan setiap settingan yang kita ubah pada CMOS/BIOS.
Bila Jumper kita ubah pada posisi 2 dan 3, maka komputer akan kembali pada posisi default.

Untuk apa posisi default? Bila kita melakukan setting yang salah terhadap CMOS/BIOS dapat mengakibatkan komputer tidak bisa hidup, dengan melakukan Clear CMOS komputer akan kembali ke posisi awal sebelum dilakukan perubahan pada CMOS/BIOS.

Jumper Clear CMOS bisa digunakan bila komputer tidak bisa hidup akibat dilakukan perubahan pada hardware, misalnya processor, jika CMOS/BIOS telah menyimpan setting pada komputer yang lama dan tidak mampu membaca processor yang baru maka Jumper ini bisa digunakan.

Jumper ini juga dapat digunakan bila kita lupa pada password yang dibuat di BIOS. Dengan melakukan Clear CMOS, maka passwordnya akan hilang dengan sendirinya.
◄ Newer Post Older Post ►