Senin, 07 Maret 2011

Internetan pakai Flexi Unlimited

Rata-rata para pengguna komputer punya keinginan agar komputernya terhubung ke internet. Ada banyak cara untuk mewujudkannya, tapi fasilitas yang tersedia antara daerah yang satu dengan yang lainnya tidaklah sama. Yang tinggal di kota bisa memilih sesukanya, bahkan bisa menikmati gratisan berkecepatan tinggi. Yang di pelosok mungkin ada yang sudah beruntung dapat internet broadband, tapi sepertinya, kebanyakan mengalami hal yang sama dengan saya, bisa menikmati GPRS yang ndap-ndip saja sudah lumayan.
Di daerahku, Kecamatan Kajoran, salah satu koneksi internet yang bisa dinikmati adalah Flexi Unlimited, di rumahku sinyalnya full walau jarak dengan tower BTSnya lebih dari 1km. Untuk menikmati koneksi Flexi Unlimited di komputer diperlukan:
  • kartu Flexi, saya pakai Trendy (prabayar).
  • Modem CDMA, saya pakai Venus VT-18, alternatif lain pakai ponsel CDMA yang bisa buat modem.
  • Driver modem yang diinstall di komputer, pada Venus VT-18 CD driver bawaannya berisi driver untuk Windows, sedang untuk linux tinggal mengaktifkan driver yang sudah tersedia pada kernelnya. Untuk modem ponsel mungkin perlu kabel data atau bluetooth beserta drivernya.
  • Pulsa yang cukup, untuk sehari semalam (24 jam) tarifnya Rp 2.500, lebih jelasnya klik di sini.
  • Setting koneksi : Daftar paket dengan mengirim SMS ke 2255, misalnya REG HARIAN, nantinya akan dapat SMS balasan yang berisi username dan password. Gunakan username dan password tersebut untuk mengisi settingan dial up.
Kecepatan yang didapat boleh jadi bervariasi antara pemakai satu dengan pemakai lainnya, juga tergantung pada hardware yang digunakan, misalnya saja saya menggunakan modem Venus VT-18 tersebut di PC dan di netbook ternyata kecepatan download sangat berbeda (lebih cepat di PC). Kadang kecepatannya terasa mengesankan, tapi tak jarang pula bikin bete, seringkali jika sudah mencapai jumlah transfer data sekitar 30MB koneksinya down. Cara mudah mengatasinya adalah disconnect dulu, modem dicabut, colokkan lagi, dan connect lagi, kalau perlu komputer direstart lagi. Begitulah yang penting pandai-pandai menggunakan.
◄ Newer Post Older Post ►