Rabu, 16 Februari 2011

Tone Control TEAC BX-300, BX-500

Bagi rekan2 yang suka bikin Amplifier dengan memodifikasi bagian Kontrol Nada (Tone Control), mungkin cerita saya kali ini sedikit berguna !
Semua Ampli pribadi saya baik ditempat service atau didalam rumah menggunakan Tone Control modif dari Amplifier TEAC BX-300 atau BX-500.
Dan kalau anda di Jatim menemui Ampli dengan Tone Control yang Layout PCB-nya sama persis seperti di foto ini, itu adalah buatan atau hasil modifan saya menjelang th 2000 !!!
Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kerjasamanya (saat saya bekerja di ”HUDA Electronic”) kepada: Yanto Lonthong Waru-Sidoarjo dan mas Rais Karyoso asli Pati-Jateng dalam proses modifikasi Tone Control ini !!!
Kalau anda pernah berkecimpung di dunia Sound System Lapangan, pasti akan paham
maksud saya akan kelebihan2 rangkaian ini,
antara lain:
1. Apapun type Powernya, suara yang dihasilkan ke output speaker tidak pecah dan benar2 Flat antara Bass/Midle/Treeble dan sesuai sumber baik dari DVD,VCD,Tape ataupun Live Show dll.
2. Benar2 Natural Sound: semua alat music atau suara rata terdengar terpisah bisa di beda2kan baik Bass, Melodi Gitar, Drum, Keyboard, Vocal dll. Serta bunyi Criik, Thik, Thak, Duk, Dung dll.
Jadi hasil rekaman ataupun penyetelan Mixer bisa terdengar dengan jelas dan bisa dinilai bagus tidaknya !!!
Contoh yang saya coba masukkan ke ampli:
a. Live Show OM.PALAPA di JTV Minggu sore kemarin13/02/2011, audio out L/R dari DSR(Digital Satellite Receiver Humax F2-1002) saya.
b. DVD Live Concert Helloween World Tour 2005/2006 di Sao Paulo Brasil !
3. Menurut yang Ahli Teori Sound Audio, Tone Control ini Penguatan/Gain dB-nya sudah dihitung dengan benar sesuai rumus audio Standart Internasional !

NB:
Sebelum menggunakan Tone Control ini syarat2nya harus dipenuhi dulu yaitu:
1. Speaker harus Three Way atau ada 3 jalur output suara meliputi Woofer, Midle dan Tweeter. Usahakan ditambah Crossover Pasif.
2. Vcc harus benar2 stabil 15 atau 18 Volt DC-CT.
3. Perhatikan type Capasitor baik Myllar, Polyester/Feeder serta Elco Nonpolar.
4. Type IC dari aslinya 4559, biasanya dipakai Audio merk Sony baik Tape Deck, Amplifier dll.
Kalau kesulitan IC tersebut alternatifnya bisa pakai 4558 biasa atau lain nomor/type tetapi pilih Noise/Desah-nya yang rendah.
Selamat ber-eksperimen buat semuanya....!!!!
◄ Newer Post Older Post ►