Jumat, 18 Februari 2011

Ngeblog pakai Opera Mini

Internet, menjadi sarana yang sangat bermanfaat bagi teknisi elektronik untuk mendapatkan pengetahuan yang diperlukan, terlebih dengan adanya blog-blog yang mengkhususkan pembahasan di dunia servis elektronik, para teknisi bisa saling melengkapi pengetahuannya. Bagi pemula yang belum tahu caranya tentu menjadi pertanyaan tersendiri. Bagaimana saya bisa membaca dan melihat internet? Bagaimana agar saya bisa terhubung ke internet? Untuk menjawabnya kita perlu tahu dan mampu memanfaatkan fasilitas yang ada di sekitar kita, di antaranya:
  • Peralatan: ponsel, komputer, laptop, netbook, modem, dsb
  • Penyedia koneksi: tower-tower telepon di sekitar kita adalah penyedia koneksi internet.
  • Cara setting.
  • Program yang dipakai: Browser penjelajah internet: Internet Explorer, Firefox, Opera, Google Chrome, Opera Mini, Browser WAP, dsb.
Untuk blogging mungkin perlu program pendukung blogger. Walau Browser itu sendiri sudah dapat digunakan tetapi mungkin perlu program yang lain, misalnya:
  • Editor (contohnya: notepad, kwrite, gedit, hingga program office).
  • Program blog offline (misalnya: Windows Live Writer, BlogDesk, Bilbo, Post2Blog, wBloggar, dsb).
Dari sekian banyak pilihan yang paling familiar bagi saya adalah:
  • Ponsel dengan browser WAP dan Opera Mini.
  • Komputer (desktop dan netbook) dengan OS linux dan windows.
  • Penyedia koneksi internet : Indosat (kartu IM3), Telkomsel (kartu simPATI), XL (kartu XL), Telkomflexi (kartu Flexi Trendy).
  • Alat yang dipakai : modem GPRS (pakai ponsel GSM), modem CDMA (ponsel CDMA atau modem CDMA USB) plus kabel penghubungnya.
  • MicroEmulator untuk menjalankan Opera Mini di komputer.
  • Mengedit blog pakai Bilbo jika pakai linux, atau BlogDesk jika pakai Windows, atau pakai aplikasi yang lain.

Karena tempat tinggal saya baru terjangkau oleh GPRSnya Indosat dan Telkomsel, serta PDNnya Telkomflexi, maka itulah yang saya pakai sehari-hari. Komputer diinstalli Micro Emulator untuk menjalankan Opera Mini. GPRS merupakan koneksi internet yang paling mudah didapat saat bepergian, cocok saat servis panggilan, misalnya saja dengan paket broadband harian IM3, atau Telkomsel, atau XL, atau kartu GSM lainnya. Sesekali juga ngenet pakai WiFi di HotSpot area, misalnya di alun-alun kota Magelang, dengan netbook yang sudah dicharge penuh di sana bisa internetan gratis beberapa jam tergantung baterenya, cocok buat download skema-skema dan mengupdate sistem.
Flexi Unlimitednya Telkomflexi memungkinkan penggunaan browser yang besar macam Firefox, Chrome, Opera, IE, tetapi biasanya koneksi Flexi Unlimited di daerah saya kurang stabil, koneksi cepat hingga 25KB/s bisa tercapai saat baru saja mengisi pulsa, selang beberapa waktu makin lambat dan lambat saja, bahkan sering koneksi terputus atau malah yang menjengkelkan: iddle berhari-hari (bisa connect tapi tak ada data yang mengalir padahal sinyal full).
Bagaimana ngeblog termudah? Blogging offline pakai BlogDesk, Post2Blog, Bilbo, dsb seharusnya bisa sangat memudahkan, tapi kenyataannya sampai saat saya posting ini masih belum berhasil posting dengan cara itu di area GPRS.
Yang jelas berhasil adalah menulis dan mengedit blog pakai Bilbo atau BlogDesk, kemudian lihat mode htmlnya, dicopy ke clipboard (maksimum 5524 karakter), kemudian dipaste lewat Opera Mini. Untuk hematnya halaman pertama yang dibuka adalah halaman login, setelah masuk langsung klik Entri Baru, kemudian pastekan artikel, terus keluar. Biasanya hanya sekitar 100an KB saja. Sedang untuk mengedit posting yang sudah ada lebih sering gagalnya daripada keberhasilannya, misalnya saja jika pakai Opera Mini 5 ke atas memungkinkan karakter yang jauh lebih banyak (lebih dari 5524 karakter), bahkan dilengkapi virtual keyboard, dapat melakukan editing, tetapi saat disimpan/publish seringkali apa yang ditulis itu tidak muncul.
◄ Newer Post Older Post ►