Selasa, 15 Februari 2011

Monitor merk VOTRE type 1790P mati berderik

Dapat servisan dari mas larno ngemplakseneng sebuah monitor merk VOTRE type 1790P. tergolong masih gress karena baru 6 bulan lalu dibeli kondisi baru.

kerusakan mati lampu power kedip2. tapi kadang2 bisa tampil tulisan “NO SIGNAL”. Saat kemudian bila dihubungkan dengan CPU tampilan langsung hilang. Terdengar suara cetak-cetek dari relay degaussing.

Dari penglihatan fisik tak ada hal yang mencurigakan, pengukuran tegangan juga menunjukan kondisi normal tetapi jelas terdengar suara derik/denging dari trafo SMPS. Saat beban dilepas pun masih bersuara/berderik.

Perburuan seputar blok power supply ditemukan sebuah R mepet ic driver, lokasi R624 33K kondisi melar menjadi 186K, setelah diganti jadi normal hilang suara derik.
















Tampilan normal kembali, tapi mau setting dari tombol depan tidak bisa, rupanya tombol2 telah rusak persis seperti pada tv china yang sering ngaco.

Setelah itu monitor di nyalakan “TEST RUN”. Menjelang 2 jam tiba2 tampilan berubah jadi putih sekali. Ada garis putih sangat terang pada sisi kanan layar. Rupanya VR subbrightness sudah molor nilainya 250k jadi 2.3 M.
















Alhamdulillah selesai.

Salam buat rekan2 semua.

◄ Newer Post Older Post ►