Sabtu, 08 Januari 2011

Fujitec 51-S2PF 21inc, Tidak Synchron

Tv Fujitec 21 inc dengan type 51-S2PF ini menyiksa otak saya seharian penuh ! Menggunakan IC Chroma/Oscilator SMD (Laba-laba) M61266, Flyback: BSC25-1194F043 (BSC24-01N4006BV).
Kerusakan: Saat AV gambar dan suara normal, tetapi kalau pada posisi channel tv, gambar Tidak Syncron dan suara bisu ! Klik gambar kiri agar lebih besar untuk memperjelas gejala rusaknya !!!
Kalau rekan mengalami kasus seperti ini saya yakin pasti benar2 pusing, tapi jangan kawatir, ikuti solusinya seperti saya sbb:
* Coba hidupkan tv dan pilih channel yang gambarnya agak gelap/redup, kasus yang saya alami ini saya coba pilih channel Indosiar, saat itu acara Sinetron Horor...ternyata gambar bisa normal. Dan saya coba pindah lagi ke channel yang lebih terang yaitu Tv One saat berita Sepak Bola...ehhh ternyata gambar menjadi tidak Syncron lagi !
** Kasus tv seperti ini kebanyakan disebabkan ketidak beresan pada rangkaian Signal Tv Out (Video Out) menuju Video In (Internal), mungkin terlalu lemah atau terlalu kuat.
Pada Fujitec type ini coba cari R111 dan R115 di pin 58 (Tv Out) IC M61266...lepas atau buang saja dua R tersebut pasti gambar dan suara menjadi normal dan tidak Syncron lagi. Klik gambar sebelah kanan untuk memperbesar !
NB: Pelepasan dua R ini tidak mempengaruhi gambar dan suara pada saat dipakai AV/DVD !!!
Okay rekan selamat bekerja buat semuanya......
◄ Newer Post Older Post ►