Kamis, 21 Oktober 2010

SHARP Q-VISION 14S20D2 MATI TOTAL



Tiga hari yg lalu saat sedang servis TV di tempat mas Agung, basin, kebonarum. disuruh sekalian cek punya mbah Muji masih tetangganya. setelah dinyalakan tidak tampil apa2, disertai suara m@k BUZZ (bunyi percikan api dari defleksi yoke).
terlihat TV ini memakai IC tunggal SMD IXC245WJI, STR5453A, TR hor TT2140, FBT BSC 25-0216F.
setelah dilepas tampak lilitan defleksi horizontal terbakar pada kedua sisinya. lalu pamit pulang, dibawa defleksinya saja.
dari pengalaman pernah perbaiki defleksi dengan kerusakan tidak terlalu parah. hanya 2 kawat yg putus. tapi kali ini lumayan banyak, masing-masing sebanyak 5 kawat setiap sisinya(total 10 kawat) yang putus. bisa ndak ya..........kalau ganti defleksi pasaran bikin mumeet, harus ngakali sana sini dan hasilnya kurang bagus.
dengan hati-hati bongkar mulai dengan melepas solderan kabel dan kawat lilitan. bisa dilihat pada gambah dibawah banyak coretan sana sini, tidak lain untuk meninggalkan jejak posisi agar bisa dikembalikan seperti aslinya. semua part diberi tanda coretan posisinya, dan untuk kawat email diberi coretan alur dari kumparan sampai ke terminal sambungan dengan kabel.




setelah lepas semua pengait, defleksi vertikal, lalu defleksi horizontal. jangan lupa nanti semua part harus dikembalikan seperti semula.
saatnya memperbaiki lilitan yang terbakar, sebelumnya membersihkan "Lem jahat" disekitar
lokasi terbakar, juga di lokasi lain yang diberi lem, karena lem warna kuning inilah yang jadi biang semua ini....
Angkat satu persatu sambil dibersihkan dan diberi tandakawat yang terbakar baik yang putus maupun yang hilang lapisan emailnya.
penyambungan dilakukan dengan kawat email baru diameter sama. diusahakan posisi sambungan tidak berdekatan satu sama lain. biar aman beri isolasi tahan panas . setelah selesai di cat dengan meni besi atau pakai isolasi kertas( nantinya diberi lem alteco).
Dirakit kembali dengan hati-hati, kalau terbalik bisa fatal.
Saatnya mencoba, pertama defleksi diletakkan begitu saja disamping mesin. tujuannya bila ada kesalahan tidak merusak tabung(leher tabung). seharusnya tampil titik RGB ditengah-tengah layar.
Pasang kembali, dan coba lagi sambil dipaskan posisinya.
Alhamdulillah gambar bisa normal lagi. selamat berkarya....
◄ Newer Post Older Post ►