Kamis, 23 September 2010

SAMSUNG CB-21M17ML MATI SUARA “NGENCRIT”

Beberapa minggu yang lalu dapat sms dari bpk. Rubiman masih tetangga sendiri. Mengatakan tv nya rusak mati disertai bunyi “ngencrit/ derit”.

Tv Samsung flat yang masa pakai sekitar 4 tahun. Type nya CB-21M17ML. menggunakan IC tunggal type SS46941A 9R 57L3 7EA12.


Saya cek suara “ngencrit” berasal dari bagian SMPS nya. Curiga beban ada yang short. Dari pengecekan ditemukan TR HOT type TT2206 dalam kondisi short. TR dilepas tegangan normal.

Coba ganti TR dengan type D1877, saatnya mencoba …..pesawat di on kan teryata ….m@k klaap …tampak bunga api pada bagian flyback dekat inti ferit ……disusul bunyi “ngencrit” lagii.


Saya cek TR HOT mati lagi tanpa sempat panas sedikit pun…wah ada yang nggak beres ini …

Cek capasitor safety dibandingkan dengan yang lain masih ok, cek capasitor didekatnya masih seputar horizontal dengan nilai 274/400V juga ok. Curiga FBTnya yang nggak beres nih..

Coba pinjam FBT lain dengan cara pasang memakai beberapa kabel FBT diluar PCB. Ujung KOP anoda dimasukkan dalam gelas kaca kosong dan kering. Teryata bisa nyala normal.


Positif FBTnya rusak, type AA26-0231A, saya pesan pada dealer resmi Samsung seharga Rp. 130.000,-. Sekitar seminggu dapat barang nya. Dipasang dan ok… bisa nyala normal tanpa setting apapun…

Alhamdulillah… bayaran lagi

semoga bermanfaat

◄ Newer Post Older Post ►