Jumat, 07 Mei 2010

Samsung Unique mati tegangan B+ naik


Beberapa hari lalu dapat servisan tv Samsung model CW-50836V dalam kondisi mati. Ada sedikit sinar putih pada layar, disertai suara keras pada flybacknya, dan ada kebocoran pada kop anoda.


Dari pengecekan diketahui flyback rusak terdapat retakan halus pada bodynya, sehingga tegangan menyambar keluar kearah elco didekatnya. Wah…bisa2 merembet nih. Cepat2 kumatikan TVnya.

Setelah aku ganti dengan flyback yang baru, dan aku lapisi ulang pada kaca lokasi kop anoda dengan meni besi . Aku coba nyalakan, gambar dan suara normal.


Posisi mati, coba kupegang body flyback dan TR HOR kok lumayan panas melebihi rata2. ternyata tegangan B+ 135 volt. Elco2 pada primer SMPS kuganti, dan ku adjust trimpot pengaturnya.


Untuk rekan2 PEMULA perlu diperhatikan bila hendak memutar VR adjustment power supply SMPS harus posisi pesawat MATI, saklar power utama OFF, atau cabut colokannya kalau perlu.


Hal ini untuk menghindari kerusakan akibat hentakan tegangan. Diibaratkan potensio volume yang bisa saja tidak mulus, bisa keluar suara GROK…GROKK..kurang lebih seperti itu gambaranya.


Setelah tv di coba posisi tertutup beberapa jam. Dinyatakan OK.

Akhirnya bayaran lagi ..hehehe .

Semoga bermanfaat

◄ Newer Post Older Post ►