Kamis, 13 Agustus 2009

Tv DETRON P1405 Layar Gelap,Tegangan Normal!




                 Siang yang melelahkan! Gara-gara dapet servisan yang kerusakannya udah merembet kemana-mana,yaitu tv merk Detron type P1405,awalnya ini tv mati total,waktu di nyalakan hanya mendenging saja,setelah saya cek ternyata Tr horizontalnya short,setelah Tr horizontal di ganti,timbul masalah baru gambar hanya satu garis horizontal yang ternyata IC vertikalnya mati,setelah penggantian IC vertikal pun,masih timbul masalah baru yang kali ini bener-bener bikin pusing,yaitu gambar hanya gelap saja,padahal heater juga sudah menyala semua tegangan juga normal semua.

                 Bila screen di buka,di layar juga udah timbul garis-garis screen,OSD juga belum mau muncul,hampir 9 jam saya ubek sumber permasalahannya,awalnya saya mencurigai IC AV switchnya,udah saya ganti tapi masih tetep aja tak berkutik,akhirnya saya putuskan untuk memeriksa semua transistor di sekitar IC kromanya yaitu TA8690AN.

                Saya cek satu persatu dan akhirnya sampailah pada Tr Q206 yang bertype BC558 saya temukan kejanggalan,langsung saja tanpa pikir panjang lagi,saya ganti aja itu transistor dan langsung saya nyalakan tvnya dan MAAAK BYIIIAAAR.....iiiiiiyessss berhasil! tv langsung nyala dengan normal.

                Akhirnya terbayar sudah konsentrasiku,spanengku,fokusku setengah hari utuh he he ALLOH Maha Pemberi Petunjuk saudaraku.
◄ Newer Post Older Post ►