Kamis, 14 Mei 2009

Tv AIWA Led indikator Berkedip




                    Siang kemarin dapat panggilan service di rumahnya Mas Taman,Sambirembe,Karangrejo,Magetan.Dengan tv merk AIWA type TV-CA143KER,dengan keluhan bila dihidupkan tv tidak bisa start,hanya lampu led indikatornya saja yang berkedip-kedip terus menerus.Tv ini menggunakan IC IF/Video:TB 1240AN dan IC micom TMP87CP38N,IC vertikal LA7832,Transistor horizontal C5299,untuk regulator mempercayakan pada STR S6707 yang terbukti tangguh banget.

                   Tv saya hidupkan dan aku mulai pengecekan pada B+115v terdeteksi drop jatuh sekitar 105v,tegangan untuk audio juga drop sekitar 8v.Kemudian aku lepas Tr horizontal dan aku cek ternyata masih normal,kuperiksa resistansi FBT juga bagus,IC audio juga masih fit.Hmm....tidak ada kendala apa-apa di tiap tegangan output acmaticnya.

                   Kemudian pemeriksaan aku alihkan pada bagian regulatornya,pertama aku periksa pada elco-elconya,disini saya dapati C810 senilai 330uf/35v bocor dan retak-retak pada bagian bawahnya,padahal ketika masih tertancap di pcb elco ini kelihatan masih tangguh dan bagus,tapi setelah dilepas dan diamati huuuuu....ketahuan deh boroknya he he he,

                   Jadi bagi rekan-rekan teknisi harap berhati-hati bila sedang melakukan pengecekan pada elco-elco jangan terkecoh dengan kondisi elco yang dari luar kelihatan bagus begitu di teliti ternyata udah soak,ternyata elco juga bisa menipu lo he he he.Setelah elco C810=330uf/35v saya ganti dengan yang baru,tv pun normal kembali.

                   Byuh byuh senenge anake P.Taman,langsung jingkrak-jingkrak"main game pak! main game pak" alah-alah dasar anak -anak.Oke tetap semangat ya buat rekan-rekan semuanya,sukses selalu.
◄ Newer Post Older Post ►