Senin, 27 April 2009

Layar Redup Pada Tv AKIRA




                Pernah suatu hari saya mendapat panggilan untuk menyervice tv china merk Akira 21",typenya tak terdeteksi karena udah saya cari-cari di sekililing boxnya memang tak tertulis,hanya tertulis AKIRA 21".TV ini milik Bp.Karyo/ibu Supini,ds.Blaran,Barat,Magetan.

                Dengan kerusakan gambar yang di hasilkan tidak bisa begitu terang,walaupun pengaturan contrast sudah di set pada level maksimum,gambar tetep saja redup.Disamping redup,untuk saturasi warnanya juga gak normal,terutama untuk warna birunya sangat tipis sekali.Awalnya saya mengira kerusakan pada CRTnya,tapi menurut sang pemilik,tv ini baru dibeli dari toko sekitar 8 bulan yang lalu.Yaah maklumlah tv jaman sekarang,gak ada yang awet.

                Lalu saya cek tegangan pada pin RGB normal,saya cek tegangan pada tiap katodanya juga normal,ternyata kerusakan terletak pada 2 buah Transistor pada pcb blok RGB,yaitu V931=2SA608 dan V932=2SC536 dua-duanya short,setelah penggantian 2 komponen tersebut,tv saya coba nyalakan dan MAAK CLLIIIING....

                Tv langsung normal kembali,gambar pun langsung terang kembali dan warnanya juga normal lagi,wiiiuuh nikmatnya jika menuai keberhasilan di dalam bekerja,ALHAMDULILLAH YA ALLOH.
◄ Newer Post Older Post ►