Rabu, 01 April 2009

Electronics Workbench EDA ver. 5.0a



Rekan electmania,

Berikut di sajikan sekilas info mengenai software aplikasi, yaitu: Electronics Workbench EDA versi 5.0 yang dikeluarkan oleh Interactive Image Technologies LTD, software ini merupakan program simulasi yang dapat menganalisa suatu rangkaian elektronik, disamping untuk menggambar rangkaian electronika/ digital. Bila kita hendak membangun suatu rangkaian elektronik, sebelum terlanjur membuat proto type hasil rancangan tersebut ada baiknya kita uji coba dahulu dengan simulasi program ini. Sesuaikah dengan yang anda harapkan ?. Dengan mudah, kita dapat menganti-ganti nilai komponen, sehingga didapat hasil yang sesuai.

Program simulasi ini tampak seperti pada gambar di bawah ini. Komponen yang tersedia terdiri dari komponen-komponen pasif (R-L-C), aktif (semikonduktor, IC analog/ IC digital), motor dc, relay dll. Library komponennya cukup banyak, mulai dari TTL, CMOS logika, beberapa type standar dari transistor (npn, pnp, fet dll) dan dapat ditambahkan library komponennya. Sayangnya untuk komponen microcontroller, VLSI dan CPU tidak tersedia di librarynya.



Aplikasi ini cukup user friendly digunakan. Kita tinggal click and drag komponen. Dan sebagai hasil analisa, bisa kita pasang multimeter, osciloscoope, logic analizer, logic converter. Sedang sebagai inputannya bisa kita pilih diantaranya; function generator, word generator.

Untuk installasi software ini, dibutuhkan sedikitnya:

  • 17 MB disk space
  • Processor 486 keatas dengan memory terpasang 32 MB
◄ Newer Post Older Post ►