Rabu, 01 April 2009

CD LASER DIODE

Umumnya optikal CD laser berkekuatan antara 0,1 ~ 1 mW pada lensa objektif, sedangkan di dalamnya bisa mencapai 4 mW tergantung dari jenis laser CD tersebut. Laser diode untuk CD Player dan sejenisnya merupakan sinar infra merah. Panjang gelombang sinar IR biasanya berkisar antara 780nm, kebanyakan panjang gelombang sebesar 670 nm berwarna merah marong, tetapi 630 nm tersedia juga dalam merah orange dan kelihatan lebih cerah. Kekuatan output dari sinar laser yang bekisar 5 mW tersebut dapat merusak retina mata anda jika di pandang langsung.

Biasanya arus yang dibutuhkan sekitar 30 ~ 100 mA pada tegangan antara 1,7 ~ 2,5 Volt. Kompoent ini sangatlah peka, kesalahan penanganan dapat merusaknya. Kelebihan sedikit saja arus akan dapat merusaknya, jangan coba untuk mengukur laser diode ini dengan menggunakan VOM / Ohm meter pada skala rendah. Heatsink juga merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk mendisipasikan panas yang ditimbulkan sehingga dapat bekerja dengan stabil dan berumur panjang.

Untuk menjalankan sebuah laser diode dapat dilakukan dengan sebuah catu daya dan resistor. Gunakan catu daya yang dapat diatur tegangan outputnya dari 0 ~ 10 Volt (jangan gunakan switching power supply), rangkaikan secara seri laser diode tersbut dengan sebuah resistor 100 Ohm dan hubungkan dengan catu daya. Atur mulai dari 0 Volt secara perlahan hingga di dapatkan sinar beam dari laser tersebut. Ingat !, perhatikan polaritas dari laser diode dan catu daya (jangan terbalik, tegangan sebesar 3 Volt saja akan merusaknya !!)

Rangkaian ini mungkin sangat dibutuhkan untuk mendeteksi/ test peralatan seperti :

  • Infra Red Remote Control
  • Laser Diode CD Player, CD ROM
  • Low Level Infra Red Emitter, dll

DAFTAR KOMPONEN

  • R1 = 3K3
  • R2 = 27K
  • R3 = 500
  • IR = 750 ~ 900 ┬Ám
  • LED
  • Q1 = 2N3904

Daftar komponent tidaklah terlalu kritis, IR detektor bisa menggunakan optocoupler atau photosensor dari komponen komputer yang sudah tidak terpakai lagi.

Catu daya, menggunakan tegangan DC sebesar 9 Volt. Bangunlah rangkaian tersebut, hindari IR detektor dari sinar LED secara langsung.

Hubungkan test point pada sebuah osciloscoope untuk mendeteksi signal laser yang akan di test/ deteksi.

ref :

  1. http://support.tandy.com/audio.html
  2. http://www.repairfaq.org/
◄ Newer Post Older Post ►