Selasa, 11 Maret 2008

Virus Commwarrior


Gambar di atas bukanlah virus Commwarrior :P

Virus berkembang sangat pesat, baik itu untuk ponsel symbian, java maupun yang pocket PDA. Yang aman itu ponsel yang tidak mempunyai basic OS (Operating System), misalnya walaupun handphone temen saya ini bisa untuk kirim MMS tetapi handphonenya tidak punya OS Symbian ataupun Java jadi ya aman-aman saja.
Langsung aja, virus di handphone, salah satunya Commwarrior tersebar dengan cepat melalui koneksi bluetooth, via MMS, ataupun GRPS.

Lalu bagaimana untuk meminimalisasi agar HP kita tidak terinfeksi Commwarrior ?
Sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu siapa pengirim dan konten yang dikirimkan ke handphone kita, misalnya kalau kita mau bagi-bagi aplikasi atau gambar lewat bluetooth. Kita harus tahu file yang dikirimkan ke handphone kita dan siapa pengirimnya.
Kebanyakan virus tidak akan aktif apabila kita tidak install terlebih dahulu, virusnya punya tata krama terlebih dahulu sebelum menginfeksi HP kita (maaf ngaco), maksudnya virus itu seperti aplikasi yang harus kita aktifkan dengan menjalankannya terlebih dahulu dengan memberi hak akses melalui ijin install terlebih dahulu. Tetapi bukan virus yang pintar kalau dia menunjukkan jati diri atau nama aslinya untuk hal tersebut.


Gambar di atas, saat kita menerima file via bluetooth. Namanya sih wwoepk37.sis sebenarnya dia adalah application set up virus commwarrior. Nama file virus tidak selalu sama dengan nama di atas, tetapi kita harus waspada pada ekstensi file seperti *.*sis dan lainnya untuk aplikasi set up.



Gmbr.1

Nah kalau ini adalah option di saat kita menginstall suatu aplikasi. Di sini kita telah membuka file set up aplikasi tersebut. Option di atas kita diingatkan kembali untuk mengatahui asal muasal file yang akan kita install.



Gmbr.2

Tetapi inilah yang menjengkelkan dari sebuah aplikasi virus. Sekali saja kita membuka set upnya, option selanjutnya yang keluar terkadang seperti gambar 1 atau malahan seperti gambar 2. Yang dimana dia memberitahukan identitas aslinya, pilihan optionnya terkesan yes dan no, tetapi walaupun kita memilih no, virus itu tetap terinstall juga dalam handphone kita.

Tapi tidak usah khawatir, yang penting Anda sudah tahu dan lebih waspada lagi. Kita bisa menginstall antivirus sebagai satpam untuk handphone kita, install satu saja, karena kalau lebih dari satu tidak akan efisien dan sesama antivirus software kemungkinan akan bentrok.
Anda bisa juga mencoba menghapus induk semang file virus tersebut melalui explorer, tetapi harus hati-hati, karena kesalahan menghapus file bisa saja merusak aplikasi software yang lain.


Follow these steps to remove Commwarrior manually:



1. A file manager program must be installed on your phone (usually you will find it at your menu under the Tools > Filemanager).

2. You have to enable the option that alows you to view the files in the system directory.

3. Use your file manager to delete files described here.

Go to the directory c:system\apps\commwarrior
and delete these files there:
c:\system\apps\commwarrior\commwarrior.exe
c:\system\apps\commwarrior\commrec.mdl

then go to the directory c:\system\updates
and delete these files there:
c:\system\updates\commrec.mdl
c:\system\updates\commw.sis
c:\system\updates\commwarrior.exe

then go to the directory c:\system\recogs
and delete this file there:
c:\system\recogs\commrec.mdl

4. We hope that your cell phone is OK now. Then Install antivirus at your phone to more guard.

NOTE : File manager you can use any software application to explore. I don't guarantee if your phone get trouble with wrong remove file manually.


Reference :
- Commwarrior varian at F-Secure
- Trendmicro.com
- Netqin antivirus update click here
◄ Newer Post Older Post ►