Senin, 01 Oktober 2007

Emulator Java Game Untuk Game Handphone

Dengan semakin meningkatnya jaman dan era modernisasi sekarang ini, maka handphone sebagai salah satu media komunikasi juga sudah mengalami perubahan dalam perkembangannya. Selain untuk telepon, SMS ataupun MMS, handphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang semakin memanjakan penggunanya. Fitur audio musik seperti MP3 player, Radio, Kamera, Download dan modem, Movie Player, dll yang dijejalkan dalam handphone sudah menjadi trend vendor pabrikan handphone saat ini. Salah satu fitur handphone yang disukai banyak orang adalah fitur game. Game pada handphone terdiri dari banyak versi, yang notabene harus support atau kompatibel pada fitur handphone yang kita punya agar dapat memainkannya.

Aplikasi game yang banyak digandrungi saat ini adalah berbasis Java dan Symbian. Dari beberapa platform OS game tersebut memiliki pasarnya masing-masing. Nah, langsung aja ya. Game berbasis Java atau yang sering disebut Java 2 Micro Edition (J2ME) banyak sekali kita temukan di internet ini, di blog ini juga ada lho (searching aja), Anda dapat dengan mudah mendownloadnya untuk dapat Anda mainkan. Sebagai aplikasi game, sepanjang yang saya temui, file-file game berbasis Java kebanyakan gratis alias ndak mbayar alias freeware. Tetapi walaupun gratis, kualitas dan keasyikan bermain game dengan platform aplikasi Java tidak kalah dengan platform OS game yang lain.

Game berbasiskan aplikasi Java atau J2ME kebanyakan menggunakan *jar execution file atau *jad sebagai format file installer pada handphone. Untuk handphone yang kompatibel dengan aplikasi Java, anda dapat mencari sendiri atau biasanya sudah tercantum pada fitur handphone tersebut (tidak dibahas).

Tetapi masalahnya dari seabrek game yang ada di internet ataupun judul index download yang kita dapat, tidak mungkin khan kita install semuanya ke ddalam handphone kita. Bisa-bisa handphone kita hang, macet, dll, saya ndak bisa bayangkan, he3 …

Untuk itu saya ambil contoh, biasanya di jasa pengisian ringtone atau game. Pada komputernya biasanya sudah dilengkapi dengan emulator game untuk mencoba game yang akan diinstal pada customer. Paling tidak seperti iklan download-download berbayar yang sering kita temui pada majalah atau tabloid, kontent game yang ditawarkan pasti diikutsertakan dengan picture preview sebagai tampilan dan gambaran game tersebut. Tetapi dalam emulator kita dapat mengetest game tersebut pada PC dan memainkannya untuk memilih mana yang cocok untuk kita install pada handphone kita.

Untuk Emulator Java Game, ada beberapa emulator java game yang saya tahu.

SJ-Boy Java Emulator

Emulator ini GNU license alias gratis tis ... karena developernya SUN Java.

Filenya dapat Anda download di

SJBoy Java Emulator



Atau bisa download juga disini



Lebih lengkapnya , kamu dapat tengok disini.

Emulator harus kita install dulu atau ada juga yang sudah jadi berbentuk aplikasi program *exe. Pertama-tama kita jalankan dulu program emulatornya kemudian open aplikasi game yang akan kita coba. Atau kita juga dapat memilih file game java yang akan kita coba kemudian klik kanan open with SJ-Boy Java Emulator. Atau setelah aplikasi SJBoy sudah run, kita bisa klik dua kali file *jar yang akan kita mainkan.

Skin yang digunakan pada SJBoy Java emulator dapat diganti-ganti sesuai dengan versi emulator yang kita install.

Midp2Exe

Install dan double klik pada file *jar yang akan kita coba mainkan.

Filenya dapat Anda download di

Midp2Exe Java Emulator

Link Download Yang lain Di Rapidshare

Setelah game yang kita mainkan dengan emulator java pada PC sudah kita lakukan dan game yang kita cari sudah kita dapatkan. Kamu dapat transfer file installer aplikasi game tersebut melalui media akses kabel data, bluetooth ataupun infrared.

Alternative links yang bisa Anda coba :

  • Game Magic From Fun Mobile, Link Download klik Sini
  • Java emulator play at PC, Link Download klik Sini
  • MidpX Emulator Java, Link Download klik Sini
  • Untuk Nokia.
    S60 Platform SDK for Symbian OS, for Java™ MIDP allows Java™ developers to quickly and efficiently run and test Java applications. Link Download klik Sini

Semoga bermanfaat.


◄ Newer Post Older Post ►